Jumat, 05 Jan 2018 12:53 WIB

3 Fungsi Utama Knalpot Kendaraan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Kendaraan bermotor dengan mesin bakar saat ini sudah dilengkapi dengan knalpot. Di sepeda motor, knalpot sering dilihat di sisi kanan. Ada juga motor yang pakai knalpot di kiri-kanan, biasanya motor gede dengan mesin dua silinder.

Otolovers sudah tahu fungsi utama knalpot? Tak hanya mengeluarkan suara dan polusi dari pembakaran di dalam mesin, setidaknya ada tiga fungsi utama dari knalpot. Apa saja? Wahana Honda sebagai diler utama motor Honda di Jakarta-Tangerang melalui laman resminya menyajikan informasi mengenai fungsi dari knalpot.

1. Meredam suara bising

Pertama, knalpot bertugas untuk meredam suara mesin. Proses pembakaran di ruang mesin menimbulkan suara bising. Agar lebih nyaman saat digunakan, knalpot bisa membantu meredam suara bising saat proses pembakaran berlangsung, makanya keberadaan knalpot di sepeda motor ini jadi sangat penting.

2. Mengurangi polusi

Knalpot juga bertugas untuk mengontrol polusi yang dikeluarkan dari sisa pembakaran mesin. Di dalam knalpot, ada teknologi catalityc converter yang bisa membantu mengurangi polusi.

Catalityc converter bertugas mengonversi karbon yang keluar dari sisa pembakaran di dalam mesin.

3. Bisa tambah tenaga

Knalpot juga bisa membantu menambah tenaga mesin. Dengan desain, bahan, dan perhitungan yang tepat, knalpot bisa membantu menambah tenaga mesin. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com