Dear Pemotor, Jangan Nyeker Saat Hujan Ya!

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 14 Des 2017 15:46 WIB
Foto: Astra Motor
Jakarta - Musim hujan sudah datang. Beberapa daerah di Indonesia diguyur hujan. Pengendara, khususnya pemotor diminta berhati-hati saat berkendara di tengah hujan.

Perlengkapan keselamatan berkendara tetap wajib dikenakan saat hujan. Mulai dari helm hingga sepatu. Instruktur Safety Driving di Rifat Drive Labs, Andry Berlianto tidak menyarankan pemotor nyeker atau pakai sandal saat hujan. Itu tidak sesuai dengan kaidah safety riding. Utamanya dalam safety riding, pemotor menggunakan sepatu yang melindungi kaki.

"Di sinilah masalah budaya keselamatan yang masih rendah dan memilih nyeker daripada sepatunya basah," kata Andry kepada detikOto.

Dia menegaskan, sepatu menjadi media pelindung kaki saat terjadi gesekan. "Sepatu juga menjadi pelindung pertama dari paparan potensi penyakit kulit kalau kita nyeker saat hujan-hujan naik motor," ucap Andry.

Untuk itu, Andry menyarankan agar pemotor menggunakan sepatu hujan atau shoe cover jika ingin tetap menggunakan sepatu yang sama. Atau, gunakan sepatu lain yang siap basah.

"Sisipkan tabungan untuk memiliki beberapa pilihan sepatu atau tingalkan sepatu kerja di kantor dan gunakan sepatu lain saat berkendara," kata Andry.

Begitu juga dengan sarung tangan. Andry menyarankan agar pemotor tetap menggunakan sarung tangan meski hujan. "Idealnya dipakai karena balik lagi ke perlindungan terhadap risiko gesekan," katanya. (rgr/ddn)