Rabu, 06 Des 2017 13:11 WIB

Ini Penyebab Oli Motor Cepat Encer Sebelum Waktunya

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Ini Penyebab Oli Motor Cepat Encer Sebelum Waktunya Foto: Khairul Imam Ghozali Ini Penyebab Oli Motor Cepat Encer Sebelum Waktunya Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta - Otolovers tahu tidak, bahwa berbagai merek pelumas motor di Indonesia rata-rata mengencer secara signifikan hanya dalam jarak tempuh yang singkat. Yang harusnya rata-rata pelumas mengencer saat mencapai jarak 2000 km- 3000 km, di Indonesia terutama kota yang sering macet hanya mencapai 500 km.

Data ini diperoleh Pertamina Lubricants melalui serangkaian penelitian yang melibatkan penggunaan pelumas dalam aplikasi sesungguhnya sebagaimana yang dilakukan pengguna sehari-hari.

Dijelaskan Lubricant product Development, Mia Krishna A, hal tersebut disebabkan beberapa faktor. Faktor paling utama adalah kondisi jalan yang kerap macet.

"Sehingga mode driving stop n go (cara berkendara nge-gas lalu mgerem) menjadi dominan," ujarnya kepada waratwan, di Jakarta.

Faktor lainnya adalah kemacetan jalan-jalan di mota besar, dimana mesin tetap bekerja walaupun jarak tempuh tidak bertambah. Celakanya, beberapa pengguna masih menetapkan masa pakai pelumas berdasar jarak tempuh.

"Ini tidak menggambarkan yang terjadi sebenarnya karena dalam kondisi macet, pelumasnya tetap bekerja walaupun jarak km kendaraan tidak bertambah," kata Mia.

Untuk menghindari kerusakan mesin akibat pengenceran pelumas ini, Mia menyarankan agar dipilih produk dari brand terkemuka, brand yang didukung kilang bahan dasar pelumas yang memadai dan produsennya memiliki fasilitas R&D.

"Apabila tidak didukung source base oil sendiri, akan sulit memantau konsistensinya.Padahal, 60-80% produk pelumas berisi base oil " tuturnya. (khi/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed