Senin, 27 Nov 2017 16:19 WIB

Motor Kena Abu Vulkanik, Ini Langkah Pertama yang Harus Dilakukan

M Luthfi Andika - detikOto
Hujan abu di Bali : Gunung Agung (Foto: Dok. REUTERS/Johannes P. Christo) Hujan abu di Bali : Gunung Agung (Foto: Dok. REUTERS/Johannes P. Christo)
Jakarta - Erupsi Gunung Agung bisa ikut berdampak pada kendaraan penduduk di kawasan sekitar Gunung Agung, Bali. Nah kali ini detikOto coba berbagi langkah apa yang harus dilakukan Otolovers, saat kendaraan Otolovers tidak bisa menghindari debu vulkanik yang dikeluarkan gunung berapi, terutama untuk sepeda motor.

Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM), Sarwono Edhi, kepada detikOto menjelaskan langkah pertama yang harus dilakukan Otolovers saat sepeda motor terkena debu vulkanik.



"Sebaiknya motor dicuci bersih dulu sebelum dihidupkan. Karena debu vulkanik bersifat abrasif. Kalau sepeda motornya jenis sport atau cub, perhatikan juga bagian rantai roda dan gear. Sedangkan untuk semua tipe perhatikan bagian lubang filter udara, bersihkan dengan hati-hati," kata Sarwono.

Sarwono juga mengatakan pengecekan filter udara menjadi satu hal paling penting saat sepeda motor terkena debu vulkanik.



"Filter udara cepat kotor sebaiknya diperiksa ke bengkel, dan ganti bila perlu. Karena filter udara biasanya yang mudah mampet, jika filter udaranya tipe viskos (mengandung minyak pelumas), maka debu akan tertangkap di situ (filter Udara)," katanya.

"Untuk motor matik, bagian CVT perlu dicek juga karena motor melalui atau jalan di abu vulkanik. Kalau CVT kotor, menjadikan kerja sistem CVT tidak optimum, bisa tersendat-sendat. Sedangkan untuk rantai motor yang terdapat di motor (cub atau sport) cepat dibersihkan, dengan dicuci dan kemudian dilumasi," ujarnya. (lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed