Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 10 Oktober 2017, 09:42 WIB

Ini Bagian yang Harus Diperhatikan Saat Modif Harley-Davidson

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Ini Bagian yang Harus Diperhatikan Saat Modif Harley-Davidson Bengkel Umum Harley-Davidoson (Foto: Khairul Imam Ghozali)
Jakarta - Ada bagian-bagian pada kendaraan yang perlu diperhatikan agar tidak terjadi kerusakan saat ingin memodifiksi. Termasuk untuk motor gede (moge) Harley-Davidson.

Untuk memodifikasi atau melakukan penambahan aksesori pada moge asal Amerika tersebut perlu diperhatikan segi kelistrikannya.

"Cari bengkel yang benar, yang memang biasa megang dan paham Harley," kata Workshop Manager Baik'ers Garage, Agung Setiyono, saat ditemui detikOto, di Fatmawati, Jakarta Selatan.

Karena kelistrikan Harley, kata Agung, tidak sembarangan. Bila tidak hati-hati akan sulit untuk memperbaikinya. Sistem kelistrikan yang dimaksud adalah sistem Body Control Modul (BCM).

"Jadi dia sama sekali nggak boleh pasang aksesori asal-asalan, dia semua kelistrikan, sistem lampu, sistem kelistrikan semua ada di situ otaknya sebelum masuk ke ECM (Electric Control Modul)," tutur Agung.

"BCM mengatur kelistrikan aksesori kayak lampu-lampu. Kalau ECM lebih ke mesin, buat motor itu hidup," tambahnya.

Biayanya pun, kata Agung, cukup tinggi jika terjadi kerusakan pada dua sistem tersebut. "BCM bisa sampai di atas Rp 5 jutaan, kalau ECM bisa hampir Rp 10 jutaan," tutupnya. (khi/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +