Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 25 September 2017, 15:32 WIB

Tak Semua Motor Bisa Dipasang Rem ABS, Ini Alasannya

Dina Rayanti - detikOto
Tak Semua Motor Bisa Dipasang Rem ABS, Ini Alasannya Foto: dok detikOto
Jakarta - Fitur Anti-lock Brake System barangkali sudah menjadi salah satu fitur yang umum di dunia otomotif terutama di mobil. Sementara untuk motor hanya model-model tertentu yang sudah memiliki fitur ABS.

Dikutip dari Ride Apart, Senin (25/9/2017) sistem ABS merupakan sistem pengereman agar tidak terjadi penguncian roda ketika terjadi pengereman mendadak atau keras. Sistem ABS bisa menyesuaikan tekanan fluida pengereman untuk tetap menjaga traksi dan mencegah kecelakaan.

Dengan begitu pengendara bisa lebih stabil saat berkendara, kendaraan bisa berhenti di jarak yang jauh dengan objek, dan memberikan traksi bahkan dalam permukaan yang memiliki fiksi rendah seperti jalanan berpasir.

Sistem ABS pada motor juga mengadopsi ABS di mobil namun harus disesuaikan dengan spesifikasi kendaraan, ukuran, berat, dan fungsinya.

1. Ukuran Motor

Alasan utama mengapa tak semua sepeda motor dilengkapi ABS adalah karena ukurannya. Sebagai contoh, pada tahun 2012 komisi Eropa mengeluarkan mandat agar seluruh motor berkapasitas di atas 125cc yang dijual mulai 1 Januari 2016 harus dilengkapi dengan ABS.

Lantas bagaimana dengan motor berkapasitas di bawah 125cc? Motor dengan kapasitas kecil tak memiliki berat yang cukup atau kecepatan tertentu untuk bisa menginstal sistem ABS. Mereka juga kebanyakan mtoor off-road, skuter, dan motor lain yang berharga murah dengan mesin ringan sehingga menambahkan fitur ABS tak memberikan keuntungan apapun.

2. Spek motor

Setiap motor dibuat pasti memiliki fungsinya masing-masing yang menjadi salah satu pertimbangan apakah ABS cocok atau tidak tersemat di motor. Posisi berkendara juga pastinya berbeda dengan ABS bisa membantu atau tidak sama sekali.

Di luar Uni Eropa, pabrikan bebas menentukan model mana yang boleh dipasangkan ABS.

3. Biaya dan Berat Motor

Salah satu alasan mengapa ABS tidak terpasang bisa jadi pertimbangan harga. Dengan ABS harga motor tentu saja akan naik. ABS juga menambah beban pada motor dan membuat estetika motor berkurang.

Motor sekelas Harley-Davidson saja hanya menawarkan fitur ABS pada model paling mahalnya saja. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +