Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 20 September 2017, 17:43 WIB

Cara Belok yang Benar dengan Moge ala Polwan

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Cara Belok yang Benar dengan Moge ala Polwan Intip Polwan Latihan Naik Moge (Foto: Khairul Imam Ghozali)
Tangerang -

[Gambas:Video 20detik]



Mengendarai motor harus sudah punya ilmunya termasuk pada saat berbelok. Apalagi untuk motor gede (moge) seperti Harley-Davidson, yang punya badan besar bobot berat, tidak boleh sembarangan.

Menurut salah satu Periwra Pengendali Brigadir Motor Polisi Wanita (BM Polwan) Ditlantas Metro Jaya, AKP Yunita Natallia Rungkat, teknik berbelok dengan moge yang benar adalah dengan menyeimbangkan bobot kendaraan dengan posisi badan pengemudi.

"Ada tekniknya, harus berbanding terbalik, kalau mau belok kiri jangan berat badan ada di kiri, jatuh bisa, badan harus ada di kanan, pantat geser ke kanan," ujarnya saat ditemui detikOto, di Pusdik Lantas Polri, Serpong, Tangerang.

Begitu pun sebaliknya, jika mau berbelok ke arah kanan, badan dan bokong harus diseimbangkan ke arah kiri, agar keseimbangan terjaga.

"Ini kan motor berat, kalau nggak begitu bisa jatoh kendaraan," kata Yunita.

Selain itu, Yunita juga menjelaskan untuk jarak aman pengereman memang tidak diajarkan secara detail. Namun akan tumbuh dengan sendirinya saat kemampuan menunggangi motor besar sudah mempuni.

"Ya jarak aman itu kan selalu kita ngira deh. Biar tidak terjadi misalkan di depan ada rem mendadak, kita harus jaga jarak jadi kalau ada rem mendadak di depan nggak imbas ke kita. Kalau sudah di jalan kita bisa ngira gitu jarak aman," tambahnya. (khi/rgr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed