Ini Waktu yang Ideal Ganti Ban Motor Anda

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Rabu, 02 Agu 2017 10:43 WIB
Foto: Bagus Kurniawan/ detikcom
Jakarta - Setiap motor memiliki masa ideal kapan harus di service. Begitu juga dengan ban motor, yang punya masa ideal kapan harus diganti.

Pemilik Bengkel Rumah Ban Motor, Aldrin mengatakan, untuk ban dengan kompon (tingkat kekenyalan ban) medium dan hard idealnya dua tahun ganti.

"Maksimal banget dua tahun dari pertama kali kita pakai," ucapnya saat ditemui detikOto, di Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan.

Sedangkan untuk ban dengan kompon soft, dikatakan Aldrin masa ideal penggantiannya hanya satu tahun dari pertama kali dipakai.

"Kalau soft kompon biasanya lebih cepat, setahunan, karena memang di desain pemakaian baru dan dipakai habis," tuturnya.

Selain itu, Aldrin juga menyarankan, perhatikan tempat penyimpanan ban. Katanya, jika ban komponen yang cukup sensitif, karena dimanapun ditempatkan, ban akan getas juga.

"Kalau dipakai ditaruh di luar, dia kena panas, kalau didiamkan dia kena dingin. Nah dari panas dingin ini juga karet bannya juga jadi kaku, kaku lama-lama getas," lanjutnya.

Namun Aldrin menyarankan lebih baik ditempatkan pada suhu ruangan yang pas, namun jangan sampai ban bersentuhan langsung dengan lantai.

"Dialasin, jangan langsung ke lantai, nanti komponnya lama-lama keras, kempes, atau juga bisa jadi enggak rata. Bisa pakai kardus, kayu atau, kaya kain elap enggak masalah, yang penitng enggak nempel lantai," imbuhnya. (khi/lth)