Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 19 Mei 2017, 11:14 WIB

Bensin pun Bisa 'Basi', Ini Penyebabnya

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Bensin pun Bisa Basi, Ini Penyebabnya Ilustrasi sepeda motor mengisi bensin (Foto: Agung Pambudhy)
Tangerang - Bukan hanya makanan yang bisa basi, bensin pada kendaraan pun bisa basi. Penyebab utamanya karena kendaraan itu jarang sekali digunakan dan tidak pernah dipanaskan.

Menurut Technical Trainning Instructor PT Wahana Makmur Sejati sebagai diler utama Honda di Jakarta-Tangerang, Mukti Abdul Rahman, jika dalam jangka waktu sebulan kendaraan tidak digunakan ataupun tidak dipanaskan, maka bensin akan basi.

"Kalau bensin sudah basi, itu bisa terhisap (fuel pump) tapi tidak akan bisa terbakar, jadi hal itu akan membuat motor jadi bermasalah," ujarnya saat ditemui dalam acara Product Knowledge for Journalist Honda All Nee Scoopy, di Wahana Training Center Jatake, Tangerang.

Kata Mukti, bensin akan basi karena saat berada di dalam tangki, unsur kimia pada bahan bakar tersebut berubah dan terkontaminasi dengan logam yang ada di dalamnya.

"Terus ada saluran udara keluar, itu juga bisa terkontaminasi. Lalu ada juga cuaca," katanya.

Selain itu, Mukti menyarankan agar tidak memarkir motor di ruang terbuka. Sebab motor akan secara langsung terkena sinar matahari.

"Bensin di tangkinya menguap, uapnya saja sudah air, dan airnya pasti turun di bawah. Itu yang bisa pengaruhi daya tahan fuel pump," pungkasnya. (khi/rgr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed