Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 14 Maret 2017, 10:14 WIB

Pakai Rok dan Duduk Menyamping Saat Bonceng Motor, Ini Tipsnya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Pakai Rok dan Duduk Menyamping Saat Bonceng Motor, Ini Tipsnya Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Wanita yang memakai rok saat naik sepeda motor sebagai penumpang di belakang biasanya duduk menyamping. Bagaimana tips aman jadi penumpang sepeda motor yang duduk menyamping? Berikut penjelasannya.

"Sebenarnya (duduk menyamping) kurang safety dari pandangan safety riding. Kita secara safety tidak menyarankan, tapi kita tidak melarang juga. Kalau mau tetap duduk menyamping, ada beberapa tipsnya supaya nanti si pengendaranya akan lebih berhati-hati," kata Instruktur Safety Riding Astra Honda Motor (AHM), Hendrik Ferianto kepada detikOto.

Tips pertama, kata Hendrik, informasikan kepada pengendara bahwa Anda sebagai penumpang sepeda motor ingin duduk menyamping. Hal itu penting diinformasikan agar pengendaranya tetap mengendarai motor dengan berhati-hati, terlebih ketika berbelok.

"Ketika duduk menyamping, karena posisi tubuh tidak menjepit sepeda motor, kecepatan saat berbelok itu enggak boleh kencang. Kalau kita duduk biasa, motor belok kiri, tubuh kita ditahan oleh kaki sebelah kanan. Kalau belok kanan, tubuh kita ditahan sama kaki kiri. Tapi saat kita duduk menyamping, motor berbelok, yang menahan tubuh kita itu cuma tangan yang pegangan sama handle belakang motor. Sehingga kalau misalnya joknya licin, atau kecepatan tinggi, itu bisa saja pinggul penumpangnya tergelincir ke bawah," jelas Hendrik.

Begitu juga saat belok ke kanan ketika penumpangnya duduk menyamping ke arah kiri. Menurut Hendrik, pembonceng sepeda motor yang duduk menyamping ke kiri itu posisinya membelakangi jalan ketika motor berbelok ke kanan. Sehingga, saat motor terlalu miring, akan timbul sugesti di benak penumpang itu seperti akan terjatuh.

Tips selanjutnya, jika pakai rok panjang, pastikan tidak ada bagian rok yang terburai ketika naik motor sebagai penumpang. Sebab, bagian rok yang terburai itu berpotensi menyangkut di rantai maupun roda belakang motor.

"Pastikan roknya dilipat ke depan agar bagian belakangnya tidak ada yang terburai. Bahayanya kalau kain itu terburai, terkena angin, kain itu masuk sedikit saja ke rantai, itu bisa ketarik semua," kata Hendrik. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed