Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 22 Jan 2017, 12:45 WIB

Motor Matik Bergetar pada Tarikan Awal? Ini Kemungkinan Sebabnya

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Motor Matik Bergetar pada Tarikan Awal? Ini Kemungkinan Sebabnya Ilustrasi motor matik (Foto: M Luthfi Andika)
Jakarta - Otolovers ada yang motor matiknya bergetar dalam kondisi dikendarai atau ketika pada tarikan awal? Hal itu kemungkinan disebabkan karena kampas kopling pada motor matik.

"Karena kalau matik itu kampas kopling kering, yang ada di sebelah kiri. Yang sering orang ngeluh kendaraannya suka getar, tarikannya getar di awalnya, itu kampas kopling. Karena dia kan sistemnya kering sama seperti dengan kampas rem," ujar Kepala Mekanik Astra Motor Jakarta, Eko Eddy Saputro, saat ditemui detikOto, di bengkel Astra Motor, Dewi Sartika, Jakarta.

Sistem kopling pada motor matik berbeda dengan jenis motor lainnya yang menggunakan sistem kampas basah. "Jadi kalau kopling basah ada pelumasan oli, kalau di matik tidak ada pelumasan oli koplingnya," ucap Eko,

Faktor jarak tempuh motor, dikatakan Eko juga mempengaruhi adanya getaran pada motor saat kondisi dikendarai dan saat tarikan awal. Namun untuk jarak tempuh motor yang sudah banyak, bukan hanya kampas koplingnya yang menyebabkan getaran tersebut.

"Paling engine hanger-nya, busi-businya yang sudah mulai rusak, nah itu juga perlu diperhatikan, kalau memang kilometernya sudah jauh. Tapi kalau kilometernya masih baru, kampas koplingya aja," pungkas Eko. (khi/rgr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed