Ini Faktor yang Bisa Merusak Suspensi

M Luthfi Andika - detikOto
Kamis, 17 Mar 2016 19:05 WIB
Foto: Ohlins Indonesia
Jakarta - Bagian kaki-kaki motor merupakan salah satu bagian penting yang menunjang kenyamanan berkendara. Contohnya suspensi, tapi Otolovers tahu tidak, apa sih yang kerap membuat suspensi menjadi rusak?

Nah teknisi Ohlins Zulfaizal pun membeberkan, apa saja sih yang bisa menyebabkan suspensi menjadi rusak selain disebabkan umur pakai dari suspensi tersebut.

"Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan suspensi rusak. Kalau ada insiden jatuh hingga terbalik itu bisa sekali merusak suspensi," kata Zul.

Dirinya juga menambahkan, tidak hanya disebabkan oleh sebuah benturan saja yang bisa menyebabkan suspensi kendaraan anda rusak. Bahkan debu yang bertebaran di jalanan pun bisa merusak suspensi.

"Bahkan debu juga bisa menyebabkan kebocoran. Jadi kotoran itu masuk kedalam ada seal karet. Jika sudah mulai kotor atau keras, suspensi tidak bisa menekan. Karena kotoran masuk ke dalam dan merobek seal karetnya Dan jika seal bocor juga bisa menjadi penyebab utama suspensi tidak bekerja," tambahnya. (lth/ddn)