Wika Salim Godain Sopir Truk dari Sunroof Mobil Berjalan, Ini Bahayanya

ADVERTISEMENT

Wika Salim Godain Sopir Truk dari Sunroof Mobil Berjalan, Ini Bahayanya

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 30 Des 2022 07:12 WIB
Wika Salim nongol darin sunroof mobil
Wika Salim nongol dari sunroof mobil (Foto: Instagram @wikasalim)
Jakarta -

Wika Salim menyapa sopir truk saat berdiri dari sunroof mobil yang melintas. Dari kaca mata keselamatan berkendara, apakah aksi penyanyi dangdut itu aman?

Momen Wika Salim sedang menyapa sopir truk diunggah melalui akun instagram pribadinya. Dalam potongan video itu, Wika Salim menyapa sopir truk sembari keluar dari sunroof.

"Abang..," teriak Wika Salim.

View this post on Instagram

A post shared by Wika Salim (@wikasalim)

Mobil yang ditumpangi Wika juga terlihat berjalan dan menyalip beberapa kendaraan. Sejurus kemudian, dalam video juga sempat terekam suara klakson.

Secara fungsi pada dasarnya sunroof diciptakan sebagai media pertukaran udara layakanya jendela mobil. Sangat direkomendasikan oleh ahli keamanan berkendara untuk tidak membukanya pada cuaca buruk seperti angin kencang dan hujan.

"Secara fungsi adalah sebagai media pertukaran udara yang lebih segar. Tidak direkomendasikan dibuka pada saat kondisi luar tidak kondusif seperti saat hujan, angin, debu dan lain lain," ujar Instruktur Global Defensive Driving Consulting (GDCC), Andry Berlianto saat dihubungi detikcom, Kamis (29/12/2022).

Berdiri saat sunroof terbuka dengan mobil melaju pada kecepatan tinggi memiliki risiko besar terjadi kecelakaan. Hal ini dikarenakan pada saat kendaraan mengerem kondisi penumpang dapat terguncang dan tidak stabil.

"Jika ada penumpang yang berdiri saat sunroof terbuka dan kecepatan mobil sedang tinggi maka risiko celaka juga tinggi karena saat kendaraan melakukan pengereman, kondisi badan penumpang sedang dalam posisi tidak stabil dan dapat terguncang ke depan dan belakang," lanjut Andry.

Andry menyarankan jika ingin mengeluarkan sebagian anggota tubuh melalui sunroof dilakukan pada saat mobil berhenti atau dalam kecepatan rendah. Selain itu tak lupa juga pada saat mengeluarkan tubuh dari sunroof untuk tetap waspada terhadap sekitar agar terhindar dari benda-benda berbahaya di sekitarnya.

"Jika ingin ada penumpang mengeluarkan anggota badan disarankan pada saat kondisi mobil berhenti/diam atau pada kecepatan yang amat sangat rendah. Waspadai objek di luar kendaraan saat ada penumpang yang sedang mengeluarkan anggota badan seperti portal, ranting, tiang dll," papar Andry.



Simak Video "Nyanyikan 'Mari Bercinta', Wika Salim Bikin Warganet Ketar-ketir"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT