Jangan Tertukar! Ini Perbedaan Spooring dan Balancing

ADVERTISEMENT

Jangan Tertukar! Ini Perbedaan Spooring dan Balancing

Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 23 Okt 2022 14:11 WIB
Spooring Balancing Himawan Putra
Perawatan spooring dan balancing ini merupakan hal yang vital pada sebuah mobil. (Himawan Putra/detikcom)
Jakarta -

Kita tentu sering melihat paket perawatan atau servis kaki-kaki untuk mobil. Umumnya, paket tersebut terdiri dari spooring dan balancing. Lantas apa perbedaannya?

Dilansir dari Auto2000, spooring dan balancing ternyata berbeda secara prosedur yang dilakukan. Selain itu, keduanya juga memiliki fungsi yang berbeda.

Spooring

Spooring dapat dilakukan oleh pemilik mobil saat setir terasa berat, tidak mau kembali ke posisi awal, atau mobil sulit dikendalikan saat berkendara alias bergerak sendiri.

Cara sederhana yang dapat dilakukan oleh pengendara adalah dengan berkendara di kecepatan rendah atau sekitar 40-50 km per jam. Nah! Jika mobil terasa belok sendiri, tandanya mobil membutuhkan spooring.

Mekanik yang mengerjakan paket spooring ini akan melakukan penyesuaian kedudukan roda-roda mobil agar sesuai dengan setelan pabrik.

Umumnya, ada tiga komponen yang disetel saat spooring yakni camber, sudut caster, hingga toe. Setelah spooring dilakukan, kita dapat merasakan kaki-kaki lebih stabil dan secara tampilan lebih simetris.

Balancing

Lalu, bagaimana dengan balancing? Sesuai namanya, perawatan ini bertujuan untuk menyeimbangkan kembali roda.

Nah! Berbeda dari spooring, balancing sebaiknya dilakukan saat kita mengganti ban atau pelek mobil. Selain itu, balancing juga dapat dilakukan setiap 20.000 km sekali.

Balancing ini dilakukan dengan cara menambahkan beban di salah satu roda yang lebih ringan ketimbang satunya. Umumnya, mekanik menggunakan timah atau besi kecil untuk menambahkan bebat dan menyeimbangkan dengan roda yang lain.

Hal ini bertujuan agar kaki-kaki lebih seimbang secara berat antara kiri-kanan dan depan-belakang. Sehingga mobil akan terasa lebih stabil secara pengendalian.

Perawatan spooring dan balancing ini merupakan hal yang vital. Sebab, kaki-kaki merupakan komponen yang menghubungkan badan mobil ke aspal.

Kita sebaiknya rutin melakukan pengecekan kaki-kaki dan langsung melakukan perbaikan jika dibutuhkan atau sekadar perawatan berkala.



Simak Video "Cek Nih! Ini Gejala yang Muncul Saat Mobil Matic Bermasalah"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT