Gak Mudik tapi Mau Modif Velg, Coba Dicat Aja Deh

M Luthfi Andika - detikOto
Sabtu, 30 Apr 2022 13:07 WIB
Velg mobil/tren velg mobil 2022
Ilustrasi velg mobiFoto: Pool (JF Luxury)
Jakarta -

Sebagian masyarakat boleh jadi tengah senang karena sudah diperbolehkan mudik ke kampung halaman. Tapi ada juga masyarakat yang memilih untuk tetap di Jakarta.

Nah bagi detikers yang memilih untuk tetap di Jakarta, jangan berkecil hati. Karena masih banyak kegiatan yang bisa dilakukan selama libur lebaran. Salah satunya dengan melakukan modifikasi velg, agar memiliki tampilan warna baru yang lebih eye catching.

Jika detikers memilih untuk melakukan modifikasi velg, detikOto ingatkan agar memilih cat terbaik ya, terlebih dalam memilih cat dasar. Karena dengan memilih cat dasar untuk velg tidaklah sama dengan cat dasar lainnya, karena harus memiliki bahan material yang bisa bertahan lama pada stainless steel dan alumunium (alloy).

Seperti cat dasar Belkote PU 2K Primer Clear berwarna bening ini memiliki daya rekat yang kuat terhadap stainless steel dan alloy tanpa harus diamplas terlebih dahulu. Dan tampilan bagian berbahan stainless atau alloy akan tetap tampak natural dan mengkilap.

"Saat ini, banyak sekali modifikasi pada bagian-bagian stainless steel atau alloy seperti pada velg yang beraneka warna. Hal ini yang menjadikan Belkote tertarik untuk mengembangkan inovasi agar para rekan-rekan modifikator dapat dengan mudah mengubah warna-warna pada velg dan stainless menjadi warna seperti anodized," ujar Andrew Budi Kurniawan, Marketing Director PT. Bintang Chemical Indonesia.

Lalu bagaimana cara menggunakan cat dasar agar bisa membuat tampilan cat makin kinclong nih?

Andrew menjelaskan pada tahapan modifikasi, terutama pada tahap pengecatan bagian-bagian yang berbahan stainless steel atau alumunium saat ini kerap membutuhkan waktu pengerjaan yang tak dapat dibilang singkat. Namun menggunakan produk PU 2K Primer Clear, cat dasar ini dapat menempel langsung pada media stainless steel dan alumunium serta lebih kuat tanpa proses yang rumit.

cat dasar Belkote untuk velg atau bahan alloy.Cat dasar Belkote untuk velg atau bahan alloy. Foto: Pool (PT. Bintang Chemical Indonesia)

"Sebelumnya, penggunaan cat bening biasa akan mudah lepas jika digunakan pada substrat stainless ataupun alloy," tambahnya.

Dengan banyaknya velg-velg mobil standar OEM yang telah menggunakan warna two tone, produk Belkote PU 2K Primer Clear dapat memberikan solusi praktis jika permukaan velg-velg ini ingin diperbaiki ataupun ingin diubah warnanya.

"Gunakan cat primer ini dulu untuk lapisan pertama, setelah itu dapat menggunakan cat candy sesuai warna yang diinginkan, kemudian lapis dengan PU 2K Clear Coat. Jika menginginkan tampilan bening, maka cat candy tidak perlu digunakan. Produk ini juga dapat digunakan untuk interior design, terutama pada bagian stainless steel yang ingin diganti menjadi warna gold atau bronze," ujar Andrew.

PU 2K Clear Coat dijelaskan menggunakan teknologi polyurethane, yang mengombinasikan polyol dan isocyanate, untuk menghasilkan cat dasar yang memberikan daya rekat lebih kuat dan mudah diaplikasikan di atas bahan stainless steel dan alloy tanpa harus diamplas, sehingga tampilan polish kilap dari stainless dan alloy akan tetap terlihat. Produk ini juga tak membutuhkan perawatan khusus untuk mempertahankan tampilannya.

Nah buat detikers yang hendak memodifikasi tampilan velg, cat dasar ini bisa dikatakan sangat murah, hanya Rp 50 ribu untuk 4 velg mobil.

"Untuk empat buah velg hanya dibutuhkan satu lapis Primer Clear ini untuk menjadi dasar yang kuat. Itu berarti hanya membutuhkan sebanyak 250 cc untuk 4 velg yang nilainya setara Rp 50 ribu saja," ujar Andrew.



Simak Video "Karya Anak Bangsa! Interior Mercedes-Benz Sprinter Disulap Menjadi 'Pesawat VIP'"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)