Metode 15 Minute Power Nap, Cara Ampuh Usir Kantuk Saat Mudik

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Selasa, 26 Apr 2022 16:45 WIB
yawning female driver. falling asleep at the wheel concept.
Terapkan metode 15 minute power nap saat mudik. Diklaim ampuh usir kantuk. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Sebelum melakukan perjalan mudik Lebaran, pengendara dianjurkan untuk mengecek kendaraan agar tetap prima. Tapi tak hanya itu, pengendara juga harus menjaga kesehatan badan agar tetap bugar.

Sebab, perjalanan mudik akan menempuh waktu lebih lama karena kepadatan yang terjadi di sejumlah titik. Maka dari itu, pengemudi wajib menjaga kesehatan dan mengatur pola tidur.

Namun jika badan sudah lelah dan mata mulai ngantuk, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk terus berkendara. Ada baiknya pengemudi segera menepi ke rest area untuk beristirahat sejenak. Tapi, istirahat juga ada tipsnya lho detikers.

Istirahat yang dimaksud bukan berarti harus tidur selama beberapa jam seperti saat istirahat di malam hari. Namun, pengemudi bisa menerapkan metode 15 Minute Power Nap. Apa itu?

Aan Gandhi selaku Trainer dan Founder Global Defensive Driving Centre (GDDC) mengatakan, metode 15 Minute Power Nap ini merupakan istirahat selama 15 menit di siang hari. Walau singkat, namun istirahat sejenak ini diklaim ampuh mengusir ngantuk dan membuat badan jadi segar kembali.

"Metode 15 Minute Power Nap ini merupakan sebuah metode istirahat dengan tidur nyenyak selama 15 menit saja, namun perlu diingat metode ini hanya berlaku saat istirahat di siang hari saja," kata Aan Gandhi dalam sebuah webinar keselamatan berkendara beberapa waktu lalu.

"Jadi bila pengemudi memang sudah lelah dan ngantuk berat saat berkendara di jalan, pastikan menepi sebentar dan tidur selama 15 menit saja sudah cukup," paparnya.

Aan mengungkapkan, metode tidur nyenyak selama 15 menit ini juga mudah dilakukan. Pengendara hanya perlu mencari tempat yang nyaman untuk beristirahat, semisal di rest area, lalu atur alarm di handphone selama 15 menit dan beristirahat dengan nyenyak. Jika khawatir tidak akan bangun, pengemudi bisa minta tolong kepada teman/keluarga untuk dibangunkan setelah tidur selama 15 menit.

"Setelah tidur selama 15 menit lalu segera bangun dan mencuci muka, cara ini agar badan kembali segar dan bisa melanjutkan perjalanan," ungkap Aan Gandhi.

Lebih lanjut, Aan Gandhi juga mengingatkan kepada pengendara untuk rutin mengecek kondisi kendaraan setelah beristirahat sejenak. Selain itu, ia juga mengimbau kepada pengendara untuk beristirahat setiap 2 jam sekali ketika melakukan perjalanan jauh.

"Setelah istirahat, jangan lupa cek lagi kendaraan. Misalnya pada bagian ban, apakah ada ban yang kurang angin atau tidak. Jika dipastikan aman setelah itu baru lanjutkan perjalanan."

"Tapi perlu diingat, setelah melakukan perjalanan selama 2 jam usahakan untuk kembali beristirahat selama 1 jam, setelah itu lanjutkan lagi perjalanan selama 2 jam dan istirahat lagi selama 1 jam. Ini agar pengemudi tidak terlalu capek karena berkendara di jalan," jelasnya.



Simak Video "Waspada! Ini Konsekuensi Taruh Barang di Atap Mobil"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)