Jurus Bikin Toyota Avanza Lebih Irit BBM

Dina Rayanti - detikOto
Kamis, 07 Apr 2022 19:06 WIB
Ototest komparasi Toyota Avanza vs Mitsubishi Xpander
Keiritan BBM pada Toyota Avanza bisa dioptimalkan. (Agung Pambudhy/detikOto)
Jakarta -

Mobil irit BBM menjadi cita-cita semua orang untuk dimiliki. Dari beberapa model yang dijual di pasaran, Toyota Avanza merupakan salah satu Low MPV yang digadang-gadang paling irit BBM.

Tapi pada dasarnya keiritan BBM juga bergantung pada perilaku pengendara. Pun begitu dengan keiritan BBM pada Avanza, perilaku pengendara berperan cukup besar. di samping itu, ada beberapa hal yang membuat Toyota Avanza lebih irit seperti dikutip laman Auto2000.

1. Menggunakan BBM Sesuai Oktan yang Dianjurkan

Menggunakan BBM sesuai oktan yang dianjurkan memang terlihat sepele. Meski demikian, tak sedikit pengendara yang masih tidak menjalankan hal itu. Ada beberapa yang memilih untuk menggunakan BBM dengan tingkat oktan di bawah anjuran.

Menggunakan BBM dengan kadar oktan yang dianjurkan dapat membuat mobil tampil dengan performa optimal sesuai dengan teori di atas kertas.

2. Tekanan Ban

Mengecek tekanan ban merupakan salah satu hal yang sering diabaikan oleh pengendara. Padahal dengan tekanan ban yang tepat, mobil dapat menyalurkan tenaga optimal. Bila tekanan ban kurang dari standar yang ditentukan, mobil akan menopang beban lebih berat. Alhasil, mesin juga akan kerja lebih berat. Ujung-ujungnya konsumsi BBM bisa lebih boros.

Ketahui juga bobot maksimal yang sanggup diangkut mobil. Jangan mentang-mentang mobil seperti Avanza bisa membawa muatan banyak maka apa saja diangkut. Mengangkut beban yang lebih berat dari seharusnya juga membuat mobil butuh tenaga lebih besar dan konsumsi BBM lebih banyak. Kalau mau Avanza irit BBM, maka Anda perlu menyesuaikan muatan dengan beban yang dianjurkan.

3. Perilaku Pengendara

Seperti disebutkan sebelumnya, perilaku pengendara turut mempengaruhi keiritan BBM Avanza. Hindari untuk mengemudi secara terburu-buru dan mengejar mobil yang menyalip Anda. Berkendaralah dengan kondisi santai. Bila Anda berkendara dalam kondisi tidak macet aturlah agar kecepatan bisa konstan.



Simak Video "Belum Resmi Meluncur, Avanza Baru Terciduk Sudah Wara-wiri di DKI"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)