4 Langkah Hilangkan Bau Rokok di Kabin Mobil

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Selasa, 18 Jan 2022 11:33 WIB
rokok di mobil
Menghilangkan bau rokok di mobil. Foto: dok detikOto
Jakarta -

Aroma tidak sedap di dalam mobil tentu membuat berkendara jadi tidak nyaman. Bau tersebut bisa dari sejumlah faktor, salah satunya disebabkan oleh asap rokok.

Kebiasaan merokok di dalam mobil tentu tidak baik karena hal tersebut bisa menyebabkan kebakaran, lalu timbul kerusakan pada bagian interior karena terkena bara rokok, hingga membuat interior mobil memunculkan aroma asap rokok.

Apabila di dalam kabin mobil tercium bau rokok, jangan panik dulu. Ada sejumlah cara untuk menghilangkan aroma tersebut yang terkadang membuat sesak pernapasan.

Dikutip dari laman Auto2000, berikut ini cara mudah menghilangkan bau rokok dengan menggunakan beberapa alat dan bahan.

1. Buang Seluruh Sampah di Mobil

Keberadaan tempat sampah di dalam mobil tentu sangat penting, namun jika kamu atau penumpang merokok di dalam mobil dan membuang puntung ke dalam tempat sampah, hal ini membuat bau asap rokok terus menempel.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya kamu rutin membuang sampah yang ada di dalam mobil setiap hari. Lalu yang paling penting, hindari kebiasaan merokok serta larang penumpang merokok di dalam mobil, agar kabin mobil selalu wangi dan segar.

2. Gunakan Penghilang Bau Berbahan Enzim

Apabila kamu sudah membuang semua sampah yang ada di dalam mobil tapi bau asap rokok masih menempel, coba gunakan penghilang bau berbahan enzim. Produk ini sudah banyak dijual di pasaran tapi harganya cukup mahal, namun kandungan enzim di dalamnya bisa menjadi solusi menghilangkan bau asap rokok di dalam kabin mobil yang susah hilang.

3. Bersihkan Sistem Sirkulasi Udara Mobil

Bau asap rokok tidak hanya menempel di kabin mobil, namun juga bisa masuk ke dalam sistem sirkulasi udara mobil. Nah jika hal itu sudah terjadi, ada baiknya kamu segera membersihkan komponen tersebut.

Untuk menghilangkan bau asap rokok di dalam sistem sirkulasi udara, kamu bisa memarkirkan mobil terlebih dahulu di tempat terbuka. Setelah itu, hidupkan mesin mobil dengan keadaan pintu terbuka seluruhnya.

Kemudian tunggu hingga beberapa menit, maka bau rokok yang bikin tidak nyaman itu telah hilang dari dalam kabin mobil. Sirkulasi juga bisa berasal dari AC mobil, jadi pastikan tidak ada bau asap rokok ketika AC mobil dihidupkan.

4. Memakai Bahan Alami

Selain berbagai cara di atas, kamu juga bisa menggunakan beberapa bahan alami yang mudah ditemukan. Mulai dari bubuk kopi, kulit jeruk, daun teh, cuka, hingga baking soda. Namun, setiap bahan punya cara penggunaan yang berbeda ya.

Untuk bubuk kopi, kulit jeruk, cuka, dan daun teh, kamu tinggal menaruhnya di dalam kabin mobil. Bisa juga diletakkan dalam mangkuk, tempat khusus untuk teh celup, hingga digantungkan pada bagian kaca spion tengah.

Sementara bahan seperti baking soda, kamu bisa menaburkannya ke bagian karpet penumpang, bawah dashboard, hingga bawah jok. Setelah itu diamkan selama beberapa saat, namun untuk proses pembersihannya disarankan menggunakan vacuum cleaner karena lebih mudah digunakannya.



Simak Video "Tips Mudah Hilangkan Bau Tak Sedap di Dalam Mobil"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)