Sopir Pajero Vanessa Angel Ngantuk, Penting Lakukan Manajemen Perjalanan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 04 Nov 2021 18:57 WIB
Vanessa Angel dan Suami Tewas, Ini 3 Fakta Kecelakaan Maut Tol Jombang
Foto: Potret Mobil Remuk dan Evakuasi Kecelakaan Maut Vanessa Angel (Dok. Diklantas Polda Jatim)
Jakarta -

Vanessa Angel beserta suaminya Febri Andiansyah atau Bibi meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan di Tol Jombang arah Surabaya Km 672. Polisi menyebut, sopir mengantuk menjadi pemicu kecelakaan tersebut.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko menjelaskan, kecelakaan terjadi karena mobil Vanessa sempat menabrak pembatas jalan hingga berbalik arah. Gatot mengatakan sopir mengaku dirinya dalam kondisi lelah dan mengantuk.

"Data yang kita peroleh sopir keadaan luka ringan mengaku dalam kondisi lelah dan mengantuk sehingga menabrak sparator di tengah. Sopirnya nggak apa-apa," ujar Gatot.

Menurut Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, mengemudi dalam kondisi mengantuk memang sangat berbahaya. Untuk itu, Sony menegaskan pentingnya manajemen perjalanan sebelum berangkat.

"Memang harus melakukan journey management secara benar. Ini penting di awalnya. Journey management ini disampaikan kepada penumpang-penumpangnya, di mana dia akan istirahat, di mana dia solat, makan dan sebagainya. Itu penting sehingga disepakati bersama di dalam kabin itu, nggak ada yang boleh satu sama lain saling ego. Karena kalau penngemudi dipaksa dia akan siap-siap aja, tapi si bosnya kan nggak tau dia bukan robot," ucap Sony kepada detikcom, Kamis (4/11/2021).

Manajemen perjalanan ini, kata Sony, sangat penting disiapkan. Hal ini untuk mengantisipasi sopir yang kelelahan atau mengantuk. Jadi, risiko kecelakaan akibat sopir mengantuk bisa diminimalisir.

Namun, ada juga hal lain yang lebih penting. Yaitu memastikan kondisi sopir dalam keadaan fit, tidak mengantuk dan istirahat cukup.

"Lihat sebelumnya, aktivitas si driver sebelumnya sudah cukup tidur atau belum, ditanya itu. Kalau tidur cukup, oke. Dari kondisi fisik kelihatan loh dia kurang tidur, atau dia lagi lesu, atau dia lagi sakit, kelihatan semuanya," ujar Sony.

Sebab, kalau sopir sudah lelah dan masih dipaksa mengemudi, risiko kecelakaan sangat besar. Untuk itu, selalu ingatkan dan tanyakan kondisi sopir yang menyetir.

"Harus diingatkan. Kita nggak boleh nggak peduli sama mereka. Karena itu toh buat keselamatan mereka. Terutama bosnya yang duduk di depan, ingatin terus. Lihat matanya (sopir), ngantuk nggak, itu kelihatan semua kok," sebut Sony.

Simak video 'Kata Polisi soal Pemeriksaan Sopir Kecelakaan Maut Vanessa Angel':

[Gambas:Video 20detik]



(rgr/din)