Tips Beli Mobil Awal Tahun, Harus Jeli Lihat Promo

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 10 Jan 2021 15:39 WIB
Auto2000 di GIIAS 2019 Surabaya
Tips beli mobil awal tahun. Foto: Auto2000
Jakarta -

Awal tahun menjadi momen yang tepat untuk membeli mobil baru. Sebab, biasanya banyak promo yang ditawarkan oleh pihak dealer maupun APM mobil. Meski begitu, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan detikers sebelum membeli mobil baru. Tujuannya supaya mobil yang dibeli sesuai dengan kebutuhan dan tidak memberatkan keuangan keluarga.

Seperti dijelaskan Auto2000, berikut tips membeli mobil baru.

1. Perhitungkan Budget

Perhitungan budget merupakan langkah paling penting yang akan menentukan arah kebijakan keuangan keluarga ke depan. Khususnya ketika Anda akan membeli mobil baru secara kredit dengan kewajiban rutin menyicil selama sekian tahun. Di antaranya yang harus diperhatikan adalah cicilan per bulan tidak boleh lebih dari 30% pendapatan bulanan. Itu pun sudah termasuk pembayaran lain seperti cicilan rumah atau kartu kredit.

Pertimbangkan down payment atau DP karena semakin besar DP akan meringankan beban pengeluaran bulanan. Perhitungkan pula tenor karena itu akan berpengaruh ke besar cicilan per bulan. Pelajari metode pembayaran yang tersedia, baik itu secara tunai maupun kredit. Beberapa dealer juga memiliki program trade-in (tukar tambah) kendaraan lama dengan kendaraan baru.

2. Pilih Model yang Sesuai

Pilihlah mobil sesuai kebutuhan. Jika kebutuhannya untuk membelikan anak kesayangan, bisa memilih model hatchback seperti Toyota Yaris. Sedang jika ingin merintis usaha penyewaan mobil online, bisa melirik Toyota Calya yang harganya lebih terjangkau. Kemudian jika ingin memiliki mobil yang bisa melibas berbagai medan jalan, pilihannya bisa mobil low SUV seperti Toyota Rush.

3. Minta Penawaran

Setelah menghitung biaya dan mendapatkan model yang sesuai kebutuhan, detikers bisa meminta informasi detail mobil yang ingin dibeli, berikut dengan penawaran kepada pihak dealer. Anda bisa meminta perhitungan lebih lengkap jika ingin membeli secara kredit atau trade-in, sehingga bisa mendapatkan skema pembelian yang paling pas.

4. Ajukan Test Drive

Sebelum memutuskan membeli mobil, Anda juga disarankan untuk mengajukan test drive mobil idaman. Dengan begitu, Anda bisa melihat dan merasakan langsung mobil yang ingin dibeli.

5. Manfaatkan Promo yang Ditawarkan

Terakhir, Anda juga harus jeli melihat berbagai promo yang ditawarkan dealer. Beberapa dealer mobil memiliki program andalan, seperti bunga 0% dalam periode tertentu, cicilan ringan, gratis sparepart, hingga hadiah langsung.



Simak Video "Mobil Jarang Dipakai, Wajibkah Ganti Oli?"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)