Rabu, 28 Okt 2020 15:35 WIB

4 Langkah Merawat Mobil di Rumah Saat Libur Cuti Bersama

Luthfi Anshori - detikOto
Petugas Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Jakarta Selatan merawat kendaraan sitaan KPK di Gedung Sentra Mulia Jakarta, Selasa (6/12/2016). Perawatan 57 kendaraan sitaan KPK itu untuk menjaga nilai barang agar tidak turun saat menjadi barang rampasan dan masuk proses lelang. Ilustrasi perawatan mobil. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Momen libur cuti bersama yang jatuh pada pekan ini bisa Anda manfaatkan untuk merawat mobil kesayangan. Tidak harus pergi ke bengkel, Anda bisa melakukan perawatan mobil di rumah yang sifatnya ringan.

Seperti dijelaskan Auto2000 dalam keterangan resminya, ada 4 langkah merawat mobil di rumah saat libur cuti bersama. Mulai dari mencuci eksterior, hingga memeriksa bagian kolong mobil. Berikut penjelasannya.

1. Cuci Mobil

Mencuci mobil adalah perawatan yang paling ringan. Sebaiknya Anda tidak mencuci di bawah terik sinar matahari atau di bawah pohon rindang. Siapkan alat yang dibutuhkan seperti sampo mobil, sikat plastik, kain lap, dan kain mikrofiber. Selain bagian luar, jangan lupa untuk membersihkan seluruh bagian kabin mobil, termasuk bagasi.

2. Cek Ban Mobil

Sekarang mulai masuk musim hujan dan merupakan momen yang tepat untuk memeriksa kondisi ban mengingat fungsinya yang penting di jalan. Sembari dibersihkan, pastikan seluruh ban dalam kondisi prima dengan mengecek tekanan angin serta kondisi telapak dan dinding ban. Periksa kondisi ban cadangan yang sering terlupakan karena posisinya di kolong mobil.

3. Periksa Oli Mesin

Sama seperti darah di tubuh manusia, oli mesin punya fungsi penting menjaga stamina mesin mobil. Perhatikan kapan terakhir ganti oli mesin. Segera ganti oli mesin bila ternyata waktu pemakaian atau jarak tempuh telah melewati batas yang ditentukan. Selagi membuka kap mesin, periksa pula kondisi air radiator, minyak rem, air aki, serta cairan pembersih kaca mobil. Tambah kalau kurang dan ganti jika sudah waktunya diganti.

4. Cek Kolong Mobil

Karena sudah dicuci, kolong mobil yang bersih membuat detikers mudah memeriksanya. Perhatikan jika ada rembesan oli atau cairan lainnya di bawah mesin. Periksa pula kondisi kaki-kaki, baik depan maupun belakang. Perhatikan jika ada karet yang pecah atau sudah getas. Coba gerakkan dengan tangan bagian mekanis yang berkaitan dengan setir atau suspensi.



Simak Video "Suasana Kota Tua Jakarta yang Lengang di Libur Panjang Akhir Pekan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com