Selasa, 30 Jun 2020 12:41 WIB

Alphard Via Vallen Hangus, Ini Tips Hadapi Mobil Terbakar

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mobil Alphard warna putih milik Via Vallen terbakar. Mobil bernopol W 1 VV itu diduga dibakar orang tak dikenal sekitar pukul 03.20 WIB, Selasa (30/6/2020). Mobil Via Vallen terbakar. Foto: Suparno
Jakarta -

Via Vallen sedang tertimpa musibah. Mobil Toyota Alphard miliknya hangus terbakar. Disebutkan, mobil itu hangus karena dibakar orang tak dikenal.

Sudah sering terjadi kasus mobil terbakar karena beberapa hal. Penyebabnya beragam, biasanya karena unsur hubungan arus pendek sistem kelistrikan mobil. Ada pula mobil hangus karena sengaja dibakar orang seperti yang diduga terjadi pada Via Vallen.

Nah, agar tidak terjadi kebakaran pada mobil atau mencegah mobil ludes terbakar, ada beberapa tips. Kepala Sektor Pemadam Kebakaran Kemayoran, Unggul Wibowo, mengatakan ada beberapa hal yang harus dilakukan pemilik mobil agar mobilnya tidak terbakar seperti yang dialami Via Vallen.

Yang pertama, kata Unggul, adalah perawatan mobil itu sendiri. Banyak kasus mobil terbakar karena mobil tidak terawat.

"Apalagi kalau mobilnya parkir di luar, dan ada tikus. Itu kadang-kadang kabel-kabelnya digigit tikus, terjadi korsleting, terjadi percikan api," kata Unggul kepada detikcom melalui sambungan telepon, Selasa (30/6/2020).

Yang tak kalah penting adalah menyediakan alat pemadam api ringan (APAR). Unggul menyarankan agar pemilik mobil selalu membawa APAR.

"APAR itu nggak mahal kok, cuma Rp 150 ribuan. Jika suatu saat terjadi kebakaran kita bisa pakai APAR itu. Tapi kita ubah mindsetnya. kita ubah bahwa kita punya APAR untuk nolong orang," ujar Unggul.

Menurut Unggul, APAR bisa diletakkan di bagasi belakang mobil. Sehingga jika suatu saat terdeteksi ancaman terbakarnya mobil, pemilik bisa mengantisipasinya. Atau, Sediakan juga APAR di rumah jika mobil terbakar saat diparkir di rumah seperti yang dialami Via Vallen.

"Jadi kalau melihat mobil terbakar, padamkan menggunakan APAR. Taruh APAR di bagasi belakang, jadi suatu saat kita bisa gunakan. Atau di rumah, kita bisa pergunakan APAR," sebutnya.

Menurutnya, jika melihat mobil terbakar seperti dialami Via Vallen, pemilik mobil bisa langsung menghubungi pihak pemadam kebakaran. Sambil menunggu petugas pemadam kebakaran, lakukan pemadaman juga.

"Setelah telepon pemadam kebakaran, lakukan pemadaman. Bisa minta air dari tetangga yang terdekat pakai ember atau pinjam APAR kiri-kanan (jika tidak memiliki APAR di rumah atau di mobil)," katanya.



Simak Video "Via Vallen Tak Percaya Pelaku Bakar Mobilnya Gegara Sakit Hati"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com