Jumat, 19 Jun 2020 18:22 WIB

Modifikasi Suzuki ST Dicangkok Mesin Honda Legenda

Tim detikcom - detikOto
Modifikasi Suzuki ST dicangkok mesin Honda Grand Modifikasi Suzuki ST dicangkok mesin Honda Grand.Foto: Screenshot Youtube Bapak Mustofa Kepala Jenggot
Jakarta -

Beberapa waktu lalu viral modifikasi mobil menggunakan mesin motor. Saat itu Suzuki ST pikap dimodifikasi menggunakan mesin Suzuki Shogun. Kali ini ada modifikasi mobil pakai mesin motor dari Tulungagung, Jawa Timur. Modifikasi ini menggunakan Suzuki ST versi penumpang yang dicangkok mesin motor bebek, Honda Grand atau Honda Legenda.

Seperti dilihat detikOto dalam tayangan video di channel Youtube Bapak Mustofa Kepala Jenggot (19/6), menceritakan modifikasi Suzuki ST tahun 1983, menggunakan jantung pacu Honda Legenda lansiran 2011.

Pemilik mobil bermesin motor itu adalah Mohammad Hudi, seorang pengusaha warung ayam goreng Lamongan asal Tulungagung, Jawa Timur. Hebatnya, Hudi merancang sendiri arsitektur engine swap pada mobilnya itu.

[Gambas:Youtube]


"Dikerjakan sendiri dibantu teman. Jadi saya ngerancang sendiri, manggil teman buat ngelas," kata Hudi, dalam tayangan video yang diunggah pada 13 Juni 2020.

Total biaya yang dikeluarkan Hudi untuk modifikasi tersebut tak kurang dari Rp 500 ribu, termasuk untuk biaya pengelasan dan instalasi mesin motor ke bodi mobil. Tentunya biaya itu di luar biaya pembelian mobil dan motor.

"Mobil kemarin beli enam juta delapan ratus ribu, lengkap, (pajak) mati dua tahun. Terus motornya dari Lamongan beli tahun 2002. Motor ini kenangan dari ibu. Karena STNK-nya hilang, daripada enggak kepake, mesinnya saya ambil saya manfaatkan," lanjut Hudi.

Suzuki ST bermesin Honda Legenda itu pun bisa dikendarai selayaknya mobil bermesin orisinal. Hudi mengatakan menggabungkan sistem transmisi motor dengan sistem transmisi mobil untuk membuatnya lebih bertenaga.

"Kelistrikan normal semua, mulai dari wiper, starter elektrik, dan lampu semua masih nyala," terang Hudi.



Simak Video "Kontes Modifikasi Angkot, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com