Sabtu, 13 Jun 2020 16:38 WIB

4 Tips Aman Berkendara, Rider dan Driver Wajib Tahu

Abu Ubaidillah - detikOto
Menyetir mobil Ilustrasi berkendara Foto: Shutterstock
Jakarta -

Kecelakaan di jalan raya memang tak bisa dihindari, siapapun bisa mengalaminya jika tidak hati-hati ketika berkendara. Kecelakaan membuat pemilik kendaraan harus merogoh kocek lebih dalam untuk memperbaiki kendaraan maupun merawat tubuh yang terluka.

Oleh karena itu setiap pengendara, baik kendaraan roda dua maupun roda empat perlu memperhatikan beberapa tips aman berkendara bagi rider dan driver seperti dilansir dari Nation Wide antara lain sebagai berikut:

1. Fokus pada Mengemudi

Jangan pernah alihkan perhatian terhadap jalan yang ada di depan mata. Jangan pernah pula gunakan ponsel atau peralatan lain yang membuat Anda mengalihkan tangan dari setir kemudi. Ingat pula untuk selalu pelan-pelan dalam mengemudi karena kecepatan dapat menurunkan respon Anda untuk bereaksi saat mendapati kondisi yang tiba-tiba.

2. Berkendara 'Defensif'

Selalu waspadai pengemudi lain di sekitar Anda dengan mengasumsikan mereka akan membuat kesalahan sehingga Anda akan selalu siap untuk menghindarinya. Jangan lupa untuk pertahankan jarak minimal 2 detik dengan kendaraan di depan Anda. Bila cuaca sedang dalam kondisi buruk, jadikan menjadi 4 detik.

3. Buat Rencana Waktu Mengemudi yang Aman

Saat melakukan perjalanan jauh, buatlah rencana tidak hanya mengemudi, melainkan juga untuk makan, istirahat, atau melakukan panggilan telepon. Saat berkendara, sesuaikan pula tempat duduk, posisi cermin dan suhu di dalam agar Anda merasa nyaman sehingga berkendara bisa menjadi semakin Aman.

4. Tempatkan Benda-benda yang Penting dalam Jangkauan

Tempatkan benda-benda yang biasa diperlukan ketika mengemudi agar mudah diambil, seperti kartu e-toll, dompet, kartu garansi, uang kecil untuk parkir, hingga air minum dan makanan ringan untuk menghilangkan lapar dan haus ketika berkendara.


Selain melakukan tips-tips tersebut, Anda juga bisa melakukan tindakan pencegahan bisa membeli polis asuransi kendaraan sehingga apabila terjadi kerusakan pada kendaraan, biaya perbaikannya akan dibebankan pada perusahaan asuransi.Itulah beberapa tips aman berkendara bagi rider dan driver yang wajib diketahui. Lakukan hal-hal tersebut untuk bisa menghindari kemungkinan-kemungkinan terburuk seperti kecelakaan yang membuat kendaraan rusak dan Anda terluka.

Salah satu asuransi untuk kendaraan adalah asuransi dari Mega Insurance yang memiliki benefit TLO (Total Lost Only) untuk kendaraan roda dua dengan menanggung risiko kehilangan dan kerusakan di atas 75% dan benefit TLO dan komprehensif untuk kendaraan roda empat seperti penanggungan risiko bencana alam (angin topan, gempa bumi, tsunami, gunung berapi), terorisme, kecelakaan diri pengemudi, maupun penumpang.

(prf/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com