Selasa, 09 Jun 2020 07:12 WIB

Jakarta Macet Lagi, Ini Tips Menghemat Bahan Bakar Mobil

Luthfi Anshori - detikOto
Meski masih tersisa 2 hari lagi PSBB di DKI Jakarta yang akan segera berakhir, kondisi jalanan Ibu Kota sudah terlihat padat dan kembali Macet. Ini potretnya. Jalanan Jakarta kembali macet di akhir penerapan PSBB.Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Jalanan Jakarta kembali macet di hari pertama kantor beroperasi di masa PSBB (Penerapan Sosial Berskala Besar) transisi. Umumnya, jalanan macet bakal menyebabkan konsumsi bahan bakar mobil jadi boros. Sebab mesin terus hidup, sementara roda berputar lambat.

Bagi Anda yang beraktivitas menggunakan mobil pribadi, bisa menyimak beberapa tips menghemat bahan bakar berikut ini. Mengutip laman Auto2000, ada 5 tips menghemat bahan bakar saat berkendara di kemacetan lalu lintas.

1. Cek kondisi kendaraan

Kondisi mobil yang prima akan memengaruhi konsumsi bensin. Pengecekan rutin bisa dilakukan setiap sebelum berkendara dengan menghidupkan mesin dan mendengarkan bunyi mesin mobil Anda. Bunyi mesin normal, akan terdengar halus sesuai dengan jenis mesin mobil tersebut.

2. Berkendara sesuai dengan batas kecepatan yang ditentukan

Cara paling mudah menghemat bahan bakar saat mengemudi yakni dengan mempertahankan laju kendaraan dalam batas kecepatan tertentu alias konstan. Caranya dengan menginjak pedal gas secara perlahan dan bertahap.

Selain itu, hindari juga pengereman mendadak, karena setelah pengereman dibutuhkan kenaikan tekanan gas untuk mengembalikan laju kendaraan. Gas yang diinjak dalam, membuat konsumsi bahan bakar lebih boros.

3. Gunakan gigi yang tepat

Gunakanlah pilihan gigi yang tepat. Untuk berkendara di tengah kemacetan lalu lintas perkotaan, untuk mobil matik cukup dengan memosisikan tuas di 'D' (drive), tapi jika mobil benar-benar berhenti maka posisikanlah tuas transmisi ke 'N' (netral). Sementara untuk mobil manual, cukup gunakan gigi 1 dan 2 saat berkendara di situasi stop and go.

4. Pastikan tekanan angin ban cukup

Ban mobil yang kekurangan angin bisa menimbulkan gesekan lebih besar, akibatnya mobil menjadi lebih terbebani. Dengan menjaga tekanan angin pada ban sesuai dengan yang direkomendasikan, maka konsumsi BBM bisa lebih hemat hingga 5%.

5. Rencanakan rute perjalanan

Pemilihan rute perjalanan sangat bermanfaat jika Anda akan bepergian ke beberapa tempat. Anda juga bisa memilih jalanan mana yang lebih lancar untuk menghindari kemacetan.



Simak Video "PSBB Transisi Jakarta Diperpanjang hingga 27 Agustus"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com