Kamis, 28 Mei 2020 07:36 WIB

Cara Mudah Rawat Emblem Mobil Biar Tetap Kinclong

Ridwan Arifin - detikOto
Logo Peugeot Logo Peugeot Foto: Astra Peugeot
Jakarta -

Merawat emblem atau logo mobil jadi satu hal yang tidak bisa terlewatkan. Sebab, bagian ini juga kerap terpapar sinar matahari dan hujan yang membuat tampilan menjadi kusam dan kotor.

National Technical Advisor Astra Peugeot Samsudin menerangkan beberapa langkah mudah perawatan emblem atau logo yang berada di grill dan buritan belakang.

Pertama siapkan, produk All Purpose Cleaner (cairan pembersih mobil serba guna).

"Produk All Purpose Cleaner banyak tersedia di toko perkakas maupun toko variasi dan pusat perawatan mobil. Pastikan tidak pakai obat usir kerak yang biasa dijual di toko kimia," ujar Samsudin.

Ia melanjutkan agar memilih cairan pembersih tersebut tidak mengandung bahan acid sebab dikhawatirkan akan merusak lapisan krom di logo dan emblem yang terbuat dari metal maupun plastik.

Perlengkapan yang selanjutnya dibutuhkan adalah cotton bud dan sikat gigi berbulu halus yang biasa dipakai untuk bayi.

Oke, semua peralatan sudah lengkap, maka langkah pertama yang bisa dimulai adalah membersihkan area sekitar logo dengan air bersih. Kemudian semprotkan cairan pembersih secara merata di bagian logo yang akan dibersihkan.

"Bisa disemprotkan agak banyak jika kotoran dirasa terlalu tebal," ungkapnya.

Untuk proses perontokan kerak, bisa dimulai dengan menggosokkan sikat gigi bayi agar permukaan bodi tidak mudah tergores. Lakukan secara perlahan dan jangan ditekan terlalu keras.

"Tapi jika masih ada kotoran yang melekat di celah kecil, barulah gunakan cotton bud dengan cara yang sama untuk menjangkaunya," bilangnya.

Proses berikutnya adalah membilas bekas kotoran dengan air bersih. Lakukan berulang hingga kerak dan jamurnya benar-benar hilang. Dan jika masih punya waktu, trik ini juga bisa dilakukan pada grill atau part-part berlapis krom di mobil detikers.



Simak Video "Tampang dan Fitur Baru di Honda CBR250RR"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com