Senin, 18 Mei 2020 17:53 WIB

Supaya Mobil Kamu Enggak Jadi Sarang Tikus dan Kucing karena Kelamaan Parkir

M Luthfi Andika - detikOto
OLX bekerjasama dengan OtoSpector menghadirkan Layanan Inspeksi Mobil. Diluncurkan pada Desember 2018, layanan ini hadir bagi pengguna yang membutuhkan pengecekan kondisi mobil bekas secara detil dan menyeluruh. Dengan memanfaatkan layanan ini, mereka dapat mengetahui kondisi mobil bekas yang akan dibeli mulai dari interior, eksterior, mesin, hingga perangkat elektroniknya. Jangan sampai mobil kamu jadi sarang tikus atau kucing saat kelamaan diparkir (Luthfi Anshori/detik.com)
Jakarta -

Work From Home bikin mobil terparkir lama di garasi. Kalau tidak sering diperiksa, mobil bisa jadi sarang tikus atau kucing. Ujung-ujungnya malah keluar biasa perawatan.

Service Manager Auto2000 Cilandak, Suparna, mengingatkan perawatan kendaraan memang perlu dilakukan meski mobil tengah diparkir. Selain menjaga performa mesin, ini dilakukan supaya kendaraan kesayangan kita malah jadi sarang binatang.

"Selama mobil tidak dipakai memang lebih rawan jadi sarang tikus atau anak kucing. Tapi kita bisa mencegahnya, kiat mencegahnya adalah dengan menjaga kondisi mesin dan ruangan mesin bersih atau kinclong," kata Suparna.

Agar mesin bisa lebih kinclong dan bisa menghindari sarang anak kucing dan tikus rupanya tidak terlalu sulit.

"Caranya adalah membersihkan mesin dan ruangan mesin dengan air sabun atau cairan khusus. Saat kondisinnya bersih dan wangi maka tikus/kucing tidak terlalu suka. Mungkin dia akan cari sasaran lain yg lebih kotor, lembab dan kurang bersih," jelas Suparna.

"Membersihkan ruangan mesin bebas dari kotoran dan diberi cairan pengkilap atau pewangi memang agak susah dilakukan sendiri. Sehingga memang lebih enak bawa ke bengkel Auto2000 untuk dilakukan treathment 'Engine Care' sehingga ruang mesin menjadi bersih, kilau dan wangi yang akan membuat tikus dan kucing enggan mampir. Atau setidaknya menunda untuk bersarang karena ada sasaran lain yang kondisinya lebih kotor," Suparna menambahkan.

Selain menggunakan cairan pembersih, mengusir kucing atau tikus bisa dilakukan dengan menyemprotkan cairan pengusir kedua binatang tersebut yang sudah banyak dijual di pasaran.

"Bisa juga setelah ruang mesin bersih dilanjutkan dengan menyemprotkan cairan anti kucing yang dijual bebas," katanya.

"Selain itu untuk mencegah mereka bersarang akan efektif kalau mesin dipanaskan selama 5-10 menit dengan RPM sedikit dinaikkan ke angka 2.000 rpm. Sehingga mereka pasti gak kerasan tinggal di sana (ruang mesin). Apalagi ditambah dengan seminggu sekali dipakai putar kompleks selama 15-30 menit," tambahnya.



Simak Video "Menyulap Sebongkah Besi Menjadi Berarti untuk Petani"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com