Selasa, 12 Mei 2020 12:35 WIB

Apa Itu 4WD, RWD, FWD dan AWD? Kenali Beragam Sistem Penggerak pada Mobil

Luthfi Anshori - detikOto
Suzuki Jimny di Medan Offroad Suzuki Jimny menggunakan sistem penggerak 4WD.(Foto: Luthfi Anshori)
Jakarta -

Untuk meneruskan daya dari mesin ke roda mobil dibutuhkan sebuah sistem penggerak. Dalam kamus otomotif, sistem penggerak yang lazim digunakan saat ini adalah Rear Wheel Drive (RWD), Front Wheel Drive (FWD), All Wheel Drive (AWD), dan Four Wheel Drive (4WD). Lalu seperti apa perbedaannya?

Dijelaskan Service Manager Auto2000 Cilandak, Suparna, RWD merupakan sistem penggerak roda belakang yang terpisah dengan sistem kemudi di roda depan. Sistem penggerak mobil roda belakang biasanya memiliki komponen gardan yang menjadi penghubung roda belakang dengan sistem transmisi.

"Beban roda depan pada mobil RWD tidak seberat pada mobil FWD. Roda depan untuk mengarahkan kemudi/arah kendaraan, serta roda belakang untuk menggerakkan kendaraan ke depan/ke belakang," kata Suparna, saat dihubungi detikOto, Selasa (12/5/2020).

Toyota Avanza menggunakan sistem penggerak roda belakangToyota Avanza menggunakan sistem penggerak roda belakang.(Foto: Faidah Umu Safuroh/detikcom)

Selanjutnya untuk istilah FWD merupakan sistem penggerak mobil menggunakan roda depan. Sistem ini menggabungkan sistem penggerak serta sistem kemudinya.

"Secara desain, mesin FWD melintang ke sisi kanan dan kiri kendaraan dan mengarah ke roda depan. Mesin dan transmisi/transaxle dihubungkan langsung ke roda dengan menggunakan 'drive shaft'," terang Suparna.

Karena sistem transmisi dan penggeraknya terhubung langsung dengan mesin, mobil penggerak roda depan tidak membutuhkan gardan, sehingga mobil jenis ini punya kabin lebih nyaman sebab tidak memiliki gundukan gardan yang terbentang di bawah lantai.

Toyota Calya menggunakan sistem penggerak roda depanToyota Calya menggunakan sistem penggerak roda depan.(Foto: Rifkianto Nugroho)

(Halaman selanjutnya membahas sistem penggerak AWD dan 4WD)

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com