Rabu, 06 Mei 2020 04:21 WIB

Jangan Dianggap Sepele, Ban Serep Mobil Juga Perlu Dirawat

Luthfi Anshori - detikOto
Nah, karena hanya bertugas sebagai ban cadangan, tak heran jika ban cadangan tersebut jarang mengaspal atau lebih banyak diam di dalam kabin. Ilustrasi ban serep mobil.Foto: Peugeot
Jakarta -

Ban serep mobil ibarat barang yang diingat saat dibutuhkan saja. Sementara jika tidak digunakan, ban cadangan yang letaknya tersembunyi ini biasanya diabaikan. Padahal komponen ini juga perlu perawatan, lho.

Seperti dikutip dari laman Suzuki, ban serep tetap membutuhkan perawatan kendati lama tidak dipakai. Tujuannya agar kondisinya selalu baik dan siap digunakan saat diperlukan.

"Satu hal yang penting untuk diingat saat merawat ban serep adalah, pastikan kondisi tekanan anginnya tetap terjaga supaya siap dipakai saat diperlukan," tulis penjelasan Suzuki dalam laman resminya.

Sementara itu untuk ban serep yang ditempatkan di kolong mobil, perlu mendapatkan perawatan ekstra. Karena ban serep yang letaknya di bawah bisa dengan mudah terkena cipratan lumpur atau kotoran.

"Terlebih jika tidak diberi pelindung (cover). Kotoran bisa bisa menempel di bagian antara rim dengan bead (pinggir ban yang menempel ke pelek). Jika kotoran ini mengering, maka berisiko membuat celah antara pelek dan ban. Akibatnya, angin gampang keluar dan membuat ban jadi kehilangan tekanan anginnya," lanjutnya.

Karena itu, bagi detikers yang memiliki mobil dengan ban serep di kolong mobil, sangat disarankan untuk lebih rajin mengecek dan membersihkannya.



Simak Video "Korban Corona, Mobil yang Tergadai"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com