Minggu, 19 Apr 2020 18:10 WIB

Cara Sederhana Merawat Wiper dengan Fitur Otomatis

Ridwan Arifin - detikOto
Sensor Wiper Otomatis Tuas untuk mengaktifkan sensor wiper otomatis Foto: Peugeot
Jakarta -

Zaman semakin canggih, wiper mobil pun kini bisa digerakkan menggunakan sensor. Lalu, apakah perawatannya lebih rumit?

SUV Peugeot 3008 dan 5008 jadi salah satu mobil yang didukung menggunakan Sensor Automatic Wiping (SAW).

Cara kerja sistem SAW wiper ini akan otomatis jika hujan turun, tanpa perlu mengaktif saklarnya secara manual. Meskipun demikian pengemudi tetap melakukan aktivasi sistem ini dengan memilih mode auto pada tuas pengatur wiper.

Tuas untuk mengaktifkan wiper secara otomatisTuas untuk mengaktifkan wiper secara otomatis Foto: Peugeot

Namun fitur ini juga tidak bisa bekerja sempurna jika tidak rajin dirawat. Salah satunya, jarak pandang tidak jelas meski sudah diseka oleh wiper.

Aftersales Support PT Astra International-Peugeot Samsudin mengatakan langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengganti karet wiper.

"Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, pastikan selalu ganti karet wiper setelah mobil menempuh jarak 20.000 km atau 2 tahun berjalan idealnya. Aturan ini biasanya dipakai buat mobil yang sering diparkir di area indor seperti garasi. Tapi kalau jarang (parkir di garasi-Red), otomatis waktunya dimajukan," tutur Samsudin.

Untuk memperpanjang umur karet, Samsudin juga mewanti dengan menggantung wiper sedikit ke atas saat mobil parkir di area terbuka.

Rain sensorRain sensor Foto: Peugeot

Hal ini dilakukan supaya karet tidak cepat getas lantaran kontak langsung dengan kaca mobil yang sering terpapar panas dan hujan.

Terakhir, Samsudin menghimbau agar pemilik mobil mengganti air wiper.

"Ini berlaku untuk wiper di kaca depan dan belakang. Dan jika ada konsumen yang ingin gunakan air wiper produk aftermarket, disarankan pilih produk air wiper yang tidak mudah meninggalkan kerak atau korosi di kaca. Terutama setelah air tersebut disemprot ke kaca. Sebab produk yang bagus akan hilang sendirinya," ucapnya.



Simak Video "Mobil Listrik Termurah! Fiturnya Sangat Memuaskan "
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com