Minggu, 15 Mar 2020 10:12 WIB

Aman Berkendara Tanpa Terkena Virus Corona

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Toyota meluncurkan Alphard dan Vellfire terbaru, 19 Februari 2020. Mobil ini mendapat fitur keselamatan dan kenyamanan terbaru. Interior mobil Toyota. Foto: Dok. Toyota
Jakarta -

Virus corona sudah masuk Indonesia. Sampai kemarin, di Indonesia sudah 96 kasus virus corona terkonfirmasi. Pencegahan penyebaran virus corona juga bisa dilakukan oleh pengguna kendaraan bermotor, tak terkecuali kendaraan pribadi.

Auto2000 melalui siaran persnya memberikan tips untuk mencegah penyebaran virus corona di dalam mobil. Apa saja sih tipsnya?

Yang pertama, pengendara diminta untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah menyetir. Tangan disebut sebagai media perantara penularan virus corona. Menjaga kebersihan tangan sebelum dan sesudah menyetir mobil merupakan hal yang penting untuk menghindari potensi tertular penyakit. Jika pengendara merasa sakit seperti demam, batuk dam pilek, sebaiknya membawa dan menggunakan masker.

Kedua, bawa hand sanitizer ke dalam mobil. Jika dirasa sulit mencari tempat mencuci tangan pakai air mengalir dan sabun, pengendara juga bisa mencuci tangan menggunakan hand sanitizer. Bawa handsanitizer dengan kemasan 60-100 ml saja untuk memudahkan dan tetap bisa dibawa keluar mobil.

Ketiga, bersihkan kabin mobil secara rutin. Virus corona bisa ditularkan melalui percikan air liur melalui batuk atau bersin orang yang terinfeksi virus. Untuk membersihkan interior mobil, sediakan cairan interior cleaner yang bisa ditemukan di toko online maupun di toko aksesori mobil. Untuk bahan kulit bisa menggunakan leather cleaner. Aplikasikan setiap pagi sebelum mengemudi.

Pemilik kendaraan juga disarankan menyemprotkan antibakteri ke interior mobil, terutama bagian yang sering tersentuh seperti setir, pintu, tuas transmisi, konsol tengah, serta kontrol AC dan audio di tengah dasbor.

Keempat, jaga kondisi tubuh. Pengendara diminta untuk selalu menjaga kondisi tubuh dengan istirahat yang cukup, makan yang bergizi dan diolah dengan baik, minum multivitamin khususnya vitamin C yang membantu mempertahankan kekebalan tubuh, dan segera periksa ke dokter jika merasa kurang sehat, khususnya jika ada gejala terjangkit virus corona.

Terakhir, jika pemilik kendaraan merasa kurang nyaman untuk keluar rumah saat ingin mencari info seputar pembelian atau perawatan kendaraan, manfaatkan layanan berbasis digital. Pemilik kendaraan juga bisa melakukan perawatan mobil dengan memanfaatkan layanan home service.



Simak Video "Kasus Corona di Dunia Tembus 30 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com