Sabtu, 14 Mar 2020 08:46 WIB

Bagaimana Membersihkan Mobil Supaya Terhindar dari Virus Corona?

Doni Wahyudi - detikOto
Mobil militer Amerika Serikat Humvee dijual Memberishkan interior mobil cukup memakai cairan pembersih yang mengandung sabun (Pool: Autoevolution)
Jakarta -

Mobil yang setiap hari kita pakai bisa menjadi sumber penyebaran penyakit. Membersihkan kendaraan kesayangan tentu wajib dilakukan. Cairan pembersih yang mengandung sabun ternyata cukup ampuh tangkal corona.

Bebagai kotoran sampai virus penyakit bisa terbawa oleh kita dari lingkungan luar saat masuk ke dalam mobil. Jika tidak rutin dibersihkan, berbagai hal buruk tersebut akan bertahan di dalam mobil kita untuk periode yang panjang.

Tapi jangan khawatir. Membersihkan interior mobil untuk menghindari kita dari potensi tertular virus corona tidak sulit, kok. Tidak perlu membeli antibakteri khusus untuk digunakan membersihkan kabin mobil, atau menyemprot disinfektan ke dalam kabin. Soalnya cukup memakai cairan pembersih yang mengandung sabun sudah cukup.



Dikutip dari caranddriver, senjata paling ampuh dan juga murah untuk menghadapi virus corona adalah sabun. Jadi mengelap interior mobil dengan cairan mengandung sabun akan membantu menjaga kendaraan bersih dari ancaman virus corona.

"Hal yang mendasar, sabun secara kimia berinteraksi dengan permukaan virus dan merusaknya dengan sangat cepat. Bahkan menghancurkan virus tersebut," ucap seorang ahli kebersihan dikutip dari autoblog.

Jangan Pakai Cairan Ini untuk Bersihkan Interior

Tapi sebagaimana kita dianjurkan cuci tangan selama 20 detik, cara yang sama berlaku saat memberihkan mobil. Cairan pembersih yang menganding sabun itu perlu bertahan beberapa saat sebelum dibilas.

Tentu saja tidak disarankan untuk memercikkan air ke arah perangkat entertainment yang ada di dalam mobil, juga ke setir. Satu hal penting yang harus juga diperhatikan adalah JANGAN menggunakan pemutih atau bahan pembersih yang mengandung pemutih. Pemutih bisa merusak interior mobil.

Juga dilarang membersihkan interior menggunakan cairan alkohol, aseton, minyak tanah, dan bensin. Alih-alih membersihkan mobil dan membunuh virus, cairan-cairan tersebut malah akan merusak interior.



dr. Wibisono, anggota MedDocs & Friends, mengungkapkan membersihkan kabin mobil untuk menghindari virus corona bisa menggunakan pembersih biasa yang sudah tersedia di pasaran.

"Tidak perlu cairan pembersih lain yang bukan peruntukannya karena justru dikhawatirkan bisa merusak atau menimbulkan noda pada bagian-bagian interior mobil tersebut," jelasnya saat berbincang dengan detikOto.

Di tengah pandemi corona yang saat ini terjadi, membersihkan interor mobil disarankan menggunakan sarung tangan. Dan pastikan beberapa bagian mobil seperti gagang pintu, setir, shifter, kenop sabuk pengaman, dan permukaan yang kerap berinteraksi dengan pengemudi atau penumpang juga dibersihkan.

Demi menjaga interior mobil terawat dengan baik, pastikan juga mengelap bagian yang tidak terlihat dulu untuk mengetahui apakah cairah pembersih yang digunakan tidak memberikan efek merusak. Sementara untuk interior berbahan kulit, jangan lupa memakai pelembab khusus setelah dibersihkan demi menjaga kelembaban dan menghindari pecah-pecah.



Simak Video "Kasus WNI Positif Corona Kini Mencapai 309"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com