Cegah Virus, Ini Bagian Mobil yang Perlu Dibersihkan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 09 Mar 2020 10:36 WIB
Test drive Mitsubishi Eclipse Cross
Bagian-bagian interior mobil yang perlu dibersihkan untuk cegah penyebaran virus. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Virus corona mewabah di berbagai negara. Bahkan di Indonesia virus corona COVID-19 sudah ada enam kasus. Untuk mencegah penyebaran virus corona, pemilik kendaraan bermotor juga dituntut harus aktif. Salah satunya dengan menjaga kebersihan kendaraannya.

Pereli nasional Rifat Sungkar berbagi tips agar virus corona tak menyebar di dalam mobil. Rifat menegaskan, pemilik kendaraan harus aktif mencegah penyebaran virus.

"Kalau dari orangnya bersih, aku rasa bisa meminimalisir. Kan udah diketahui dari berbagai artikel bahwa virus corona ini bisa stay di satu titik benda mati," kata Rifat.

Menurutnya, yang harus diperhatikan pemilik mobil adalah higienitas dari mobil itu sendiri. Setidaknya pemilik mobil bisa berusaha mencegah penyebaran virus dengan membersihkan mobil luar-dalam.

"Mencuci mobil itu kan biasanya melindungi besinya, mengilapkan body mobilnya. Tapi biasanya mobil kalau udah bersih, mengkilap itu kan memang lebih meminimalisir kotoran-kotoran yang ada. Kotoran-kotoran itu kan berpotensi untuk berkembangnya virus, bukan di tempat bersih," kata Rifat.

Tongkat persneling perlu dibersihkan agar virus tak menyebar. Tongkat persneling perlu dibersihkan agar virus tak menyebar. Foto: Agung Pambudhy

"Untuk dalamnya, kita sebagai pemilik mobil kan punya responsibility juga. Ya kita harus memelihara kebersihan di dalam mobil kita. Bagian yang paling penting itu kayak setir yang kamu sentuh, karpet, bagian tongkat persneling. Pokoknya bagian yang sering tersentuh oleh tangan ataupun kaki itu adalah tempat yang sangat berpotensi dan menjadi santapan lezat untuk virus berkembang. Jadi kita sebagai pemilik mobil ya harus take a good care interior kita. Karena ini adalah bagian interaksi kita dengan kotoran-kotoran yang ada di sekeliling kita," ujar Rifat.

Pemilik kendaraan saat menggunakan mobil juga bisa membawa antiseptik atau hand sanitizer. Dengan begitu, pengendara bisa membersihkan tangan agar tak ada virus yang menyebar.



Simak Video "Kasus Positif Corona di Jerman Tembus 1 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)