Selasa, 03 Mar 2020 15:33 WIB

Tips Sehat Berkendara di Tengah Wabah Corona

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ilustrasi nyetir mobil Pengendara bisa mencegah virus corona dengan melakukan beberapa tips ini. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Wabah virus corona Covid-19 masuk ke Indonesia. Pengumuman dua orang WNI positif virus bernama Covid-19 itu kemarin membuat masyarakat khawatir.

Namun, masyarakat diimbau tidak panik asalkan bisa mencegah tertularnya virus. Pengguna kendaraan bermotor juga bisa mencegah penyebaran virus. Grab Indonesia yang kini memiliki layanan kesehatan, GrabHealth, melalui pernyataan resminya memberikan beberapa tips berkendara sehat. Apa saja?

Yang pertama, pastikan kondisi tubuh sebelum berkendara. Sebaiknya hindari berkendara saat kondisi tubuh tidak fit, misalnya saat sedang flu, batuk, sakit kepala dan lain-lain.

Selanjutnya, pemilik kendaraan khususnya mobil diimbau agar selalu menjaga kebersihan di dalam mobil. Pastikan ada tempat sampah yang memiliki penutup.

"Siapkan tisu basah atau hand sanitizer beralkohol," saran GrabHealth.

Tips selanjutnya adalah selalu menjaga kebersihan tangan. Cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer setelah batuk dan bersin, sebelum makan, setelah ke toilet, setelah memegang uang, dan saat tangan terlihat kotor.

Pengendara juga bisa melakukan olahraga dengan rutin. Misalnya dengan memastikan aktif bergerak selama 30 menit per hari setidaknya 5 kali seminggu. Lakukan peregangan setiap 2 jam untuk menghindari nyeri punggung dan pinggang. Terakhir, minum air mineral secukupnya.

"Siapkan 2 liter air mineral tersedia di dalam mobil," saran GrabHealth.



Simak Video "38 Daerah Berubah Status Jadi Zona Hijau, Mana Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com