Minggu, 01 Mar 2020 10:03 WIB

Dua Cara Simpan Ban Mobil biar Awet

M Luthfi Andika - detikOto
Aneka ban mobil Menyimpan ban mobil tak boleh sembarangan. Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta -

Jika detikers terpaksa harus menyimpan ban, diingatkan jangan asal taruh ya. Karena ternyata menaruh ban di gudang itu tidak sembarangan. Jika detikers menaruh ban secara sembarangan, maka besar kemungkinan bisa merusak fungsi ban itu sendiri.

Seperti yang dikatakan Manager Training PT Sumi Rubber (Agen Pemegang Merek Dunlop di Indonesia-Red), Bambang Hermanu.

"Ada cara yang benar untuk menyimpan ban. Seperti saat ban disimpan dengan kondisi ban sudah terpasang di pelek dan tidak, itu berbeda caranya," kata Bambang belum lama ini.

Bambang menjelaskan perbedaan mendasar keduanya ada adalah pada posisi ban.

"Kalau ban sudah di dalam pelek, saat ingin menyimpan ban posisi ban harus ditidurkan. Karena pelek punya berat, kalau ban dirikan maka berat pelek ini akan bertemu dengan titik tanah, sehingga ban akan terbebani oleh pelek dan membuat ban jadi rata," ujar Bambang.

"Kalau ban menjadi rata dan tidak bulat lagi, ban ini kalau dipakai tidak akan nyaman lagi. Dan jika harus ban yang sudah menggunakan pelek itu ditumpuk, tumpukan maksimal 4-5 tumpukan saja," tambah Bambang.

Lalu bagaimana dengan posisi menyimpan ban tanpa pelek?

"Untuk ban yang akan disimpan tanpa pelek, pastikan ban harus berdiri. Ban ini jangan disimpan dengan cara menumpuknya, kalau ditumpuk yang bawah akan gepeng. Kalau gepeng, saat ban ini ingin digunakan dan menggunakan pelek, angin akan keluar terus dari celah-celah pelek," kata Bambang.



Simak Video "Bakar Ban, Mahasiswa Demo Tolak RUU Cipta Kerja di Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com