Jumat, 28 Feb 2020 13:34 WIB

Posisi Kaki Saat Nyetir yang Pas biar Tak Salah Injak Pedal Gas

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Nyeker sambil nyetir Ilustrasi posisi kaki saat nyetir. Tumit tetap di lantai, tidak berpindah-pindah dan sejajar dengan pedal rem. Foto: detikcom
Jakarta -

Kecelakaan maut terjadi baru-baru ini. Seorang ibu hamil tewas ditabrak pemobil yang sedang belajar nyetir. Usut punya usut, ternyata pemobil yang sedang belajar tersebut salah injak pedal gas.

Dijelaskan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar, saat itu posisi mobil dalam keadaan menyala. Pemobil kemudian memasukkan gigi 'D' yang artinya mobil siap melaju. Mobil saat itu berjalan perlahan, ketika korban melintas ke depan mobil.

"Kemudian maksud pelaku hendak menginjak rem, ternyata yang diinjak adalah pedal gas," kata Fahri.

Kecelakaan akibat salah injak pedal gas sudah sering terjadi. Sebenarnya, kecelakaan seperti itu bisa diminimalisir dengan cara mengemudi yang benar.

Menurut Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, mobil yang tiba-tiba menyeruduk pasti pengemudinya salah menempatkan kaki dan tidak paham pedal apa yang diinjak. Sony memberikan tips agar pengendara tidak salah menginjak pedal. Yaitu dengan memosisikan kaki dengan tepat saat nyetir.

"Jadi yang benar adalah tumit kaki kanan ada di depan pedal rem, ketika menginjak pedal gas tumit tidak berpindah, tapi ujung kaki (bagian jari) depan nyerong ke kanan (untuk menyentuh pedal gas agar mobil melaju)," kata Sony kepada detikcom, Jumat (28/2/2020).

Sony menegaskan, saat nyetir sebaiknya tumit kaki bertumpu pada lantai mobil dan tidak bergeser. Yang fleksibel hanya ujung kaki bagian jari yang berpindah dari pedal gas ke pedal rem.

"Biasakan seperti itu, jadi ngegasnya ada rasa susah dan perlahan, tapi saat ngerem lebih sempurna posisi kakinya. Ingat! Tumit tidak boleh berpindah-pindah ke depan pedal yang akan diinjak. Tumit bertumpu di dak/lantai," tegas Sony.

Menurut Sony, teknik mengemudi seperti ini berlaku untuk menyetir mobil bertransmisi manual maupun otomatis.

"Posisi tumit kaki kanan menempel di lantai dan tetap di depan pedal rem, apa pun sistem transmisinya. Bukan berarti kalau matic ngeremnya pakai kaki kiri lho," ujar Sony.



Simak Video "Kapolri Resmikan Indonesia Safety Driving Center di Tangsel"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com