Selasa, 25 Feb 2020 16:59 WIB

Apa Sih Ban Ramah Lingkungan Itu?

M Luthfi Andika - detikOto
Bagi pengemudi, memiliki koneksi internet di mobil merupakan fasilitas tambahan yang memberikan lebih dari sekadar nyaman. Internet juga membuat berkendara lebih aman dan efisien. Bosch memperlihatkan optimalisasi internet di mobil melalui serangkaian fungsi dan sistem bantuan yang terkoneksi dalam ajang Bosch China Automotive Inovation Day 2016 di Suzhuo, Tiongkok, (Senin 14/11/2016). Dalam Ajang ini dimemperkenalkan Bosch Show car. Mobil masa depan Bosch pada ajang Bosch China Automotive Inovation Day Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Kepedulian lingkungan jadi tren yang terus menguat di industri otomotif. Termasuk dengan kemunculan ban ramah lingkungan. Apakah ban itu bisa membuat mobil irit bahan bakar? Atau diproduksi dengan tidak merusak lingkungan.

Ada berbagai versi pendapat tentang ban ramah lingkungan. Namun satu hal yang pasti, ban ramah lingkungan adalah ban yang diproduksi dengan memperhatikan keramahan pada lingkungan, pun begitu saat digunakan, dan ketika sudah dipensiunkan.

"Ban ramah lingkungan itu, ketika diproduksi harus ramah lingkungan tidak menimbulkan pencemaran. Ketika dipakai atau digunakan, pemakaian bakarnya menjadi lebih sedikit atau irit, sehingga polutannya jadi sedikit," kata Manager Training PT Sumi Rubber (Agen Pemegang Merek Dunlop di Indonesia-Red), Bambang Hermanu, di Cikarang, Jawa Barat.

Bambang juga mengatakan ban ramah lingkungan pembuatannya tidak menggunakan bahan material dari fosil.

Ilustrasi ban pada mobil masa depan BentleyIlustrasi ban pada mobil masa depan Bentley Foto: Dok. Bentley

"Atau saat kegesek permukaan jalan, tidak menghasilkan polutan. Ini kalau ban dibuat dari bahan fosil, maka akan sama seperti bahan bakar, itu tidak boleh," ucap Bambang.

"Selain itu, ban ramah lingkungan, kalau di recycle atau saat daur ulang ini tidak menimbulkan polusi yang besar. Jadi tidak boleh pakai bahan baku dari fosil atau minyak dibuat dari avtur, Bensin, Pertamax, Pertalite, dsb, lalu dibuat menjadi karet sintesis. Jika seperti ini akan menghasilkan polusi sama seperti BBM," tambah Bambang.

Lalu, apa benar ban ramah lingkungan bisa membuat konsumsi bahan bakar lebih irit?

"Ban ramah lingkungan bisa buat irit juga. Karena ban ini akan memiliki rolling resistance yang lebih rendah, otomatis penggunaan BBM jauh lebih sedikit," tutup Bambang.



Simak Video "Jalani Rekomendasi WHO, Indonesia Belum Keluarkan Travel Ban"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com