Senin, 03 Feb 2020 09:14 WIB

Cuci Mobil Sauna, Lebih Hemat Air dan Go Green

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Cuci mobil sauna di Studio Detail, Jakarta Cuci mobil dengan cara uap. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Zaman now, nggak cuma manusia yang bisa mandi sauna. Mobil pun sekarang bisa mandi uap ala manusia, airnya lebih sedikit dibanding cuci mobil biasa yang memakai air berliter-liter.

Mandi sauna ala manusia untuk mobil itu bisa detikers dapatkan di salon mobil Studio Detail yang berada di Jalan Buncit Raya Gang 15 Nomor 17, Jakarta Selatan. Pemilik Studio Detail Dicky Gunawan kepada detikcom mengatakan cuci mobil uap ini baru ada beberapa tempat saja di Jakarta.

Cuci Mobil Sauna, Lebih Hemat Air dan Go GreenFoto: Rifkianto Nugroho

Air yang digunakan pun sedikit, dari pantauan detikcom, air seember yang dipakai untuk cuci mobil uap ini tak habis untuk mencuci 1 mobil jenis MPV. Jangan pula khawatir cat mobil akan rontok terkena uap air.

"Cuci dengan tenaga uap yang memberikan kebersihan yang luar biasa, dengan pressure yang tinggi sekitar 5-10 bar jadi cukup kencang, untuk detailing mobil cukup kencang lah. Kemudian minim air satu mobil hanya sekitar 3 liter. Jadi waterless, tapi untuk kotoran yang menempel di bodi bisa terdorong karena pressure-nya yang tinggi. Selain ramah lingkungan, alat cuci mobil uap ini tidak kalah dengan air biasa yang banyak limbah airnya, ini waterless, jadi go green lah. Untuk cat aman, malah bagus uap panasnya itu buat menghilangkan oksidasi alias bekas wax atau shampoo yang selama ini kita pakai yang menyebabkan jamur," ujar Dicky.

Cuci Mobil Sauna, Lebih Hemat Air dan Go GreenFoto: Rifkianto Nugroho

Uap dihasilkan dari sebuah alat yang menggunakan pemanas berbahan bakar gas dan listrik. Setelah menunggu beberapa saat sampai tekanannya cukup, maka uap air bisa dihasilkan dari mesin cuci mobil uap ini. Pertama-tama bagian mesin dibersihkan dengan uap. Di sini mobil hanya menggunakan sedikit sabun, sehingga aman untuk mesin, interior dan bodi mobil. "Pakai sabunnya sedikit saja, biar kotoran yang berkerak di mesin bisa rontok, tenang aman kok," ujar Dicky.

Kemudian bagian bodi mobil diberi uap. "Nah kalau bodi mobil tak perlu pakai sabun, cukup dilap saja, semua kotoran di bodi langsung rontok," ujarnya.

Namun untuk bagian kaki-kaki, masih menggunakan cuci air biasa dengan sabun. "Soalnya takutnya masih banyak pasir di bawah jadi pakai air dulu," timpalnya.

Bagian roda masih dicuci dengan air biasaBagian roda masih dicuci dengan air biasa Foto: Rifkianto Nugroho

Setelah bodi diuap, kini bagian interior yang diuap. Yang menarik, corong uap diarahkan ke saluran AC, terlihat aliran uap, mengalir dari lubang AC yang lain untuk beberapa lama. Dasbor yang tadinya banyak debu langsung rontok begitu terkena uap dan dibersihkan dengan microfiber.

Bagian interior mulai diuap Bagian interior mulai diuap Foto: Rifkianto Nugroho

Sebagai pamungkas, mobil bagian dalamnya di-fogging. "Jadi kita biarkan uapnya ada di kabin mobil beberapa waktu, agar bau-bau yang biasanya ada di kabin mobil hilang," ujarnya.

Hasilnya? Mobil pun terlihat kinclong. Waktu pengerjaan cuci mobil dengan uap ini sekitar 1-1,5 jam. Tarifnya pun relatif terjangkau. "Jika full uap Rp 350.000, tapi bulan Februari ini di tempat kami ada promo Rp 200.000," ujarnya.



Simak Video "Tak Hanya Manusia, Ternyata Ada Sauna Buat Mobil"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com