Rabu, 29 Jan 2020 21:51 WIB

Solusi Biar Pelek Mobil Nggak Digondol Maling

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Aneka Pelek Mobil di IIMS 2017 Foto: Alfiza Satrio
Jakarta -

Akhir-akhir ini banyak terjadi kasus pencurian pelek mobil. Pencuri berani menggasak pelek dan ban mobil yang sedang parkir. Malah, ada mobil yang keempat bannya hilang saat diparkir dan diganjal batu bata.

Sebenarnya semua mobil yang peleknya terlihat keren rentan dicuri. Mobil dengan pelek bawaan pabrik yang kekinian juga rentan dicuri. Sebab, pelek yang disebut pelek OEM itu mudah dijual dan harganya cenderung lebih tinggi.

Fery Ach dari toko pelek Achsarra Wheels yang bermarkas di Jakarta Timur memberikan tips agar pelek mobil tak mudah digondol maling. Saat ini, ada perangkat pengaman pelek mobil yang disebut lug nuts. Lug nuts seperti semacam mur khusus yang tak bisa dibuka dengan kunci biasa.

"Ada mur yang pakai kunci khusus. Cuma harganya memang lebih mahal dari yang standar. Salah satu tipsnya ya pakai mur yang khusus itu, tapi mur khusus itu ada kunci khususnya. Kunci khususnya jangan sampai hilang, karena kalau hilang dan kenapa-kenapa di jalan seperti ban kempes atau bocor susah bukanya, dan nggak semua orang atau bengkel punya kuncinya," kata Fery kepada detikcom, Rabu (29/1/2020).

Memang menggunakan lug nuts untuk mengunci pelek mobil agar tak sembarangan bisa dibuka lebih ribet. Harganya pun cenderung mahal. "Cuma, buat keamanan kenapa nggak?"

"Untuk satu set itu isinya 24 pcs, biasanya 20 pcs mur biasa, dan yang 4 pcs itu mur kuncian (dalam boks set lug nuts sudah termasuk kunci khusus). Range harganya ada yang Rp 2,5 juta-Rp 3,5 juta tergantung merek. Bahannya juga beda dari aluminimum keras, nggak gampak selek. Banyak yang jual, tapi nggak semua toko ada," ujar Fery.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com