Sabtu, 25 Jan 2020 08:24 WIB

Jas Hujan Syar'i Aman Dipakai Berkendara?

Rizki Pratama - detikOto
Jakarta -

Menjadi negara dengan penduduk mayoritas beragama Islam memang membuat para pelaku usaha melakukan berbagai inovasi tak terkecuali dalam industri otomotif. Khusus bagi kaum hawa, beberapa usaha kecil menawarkan jas hujan yang mengusung gaya pakaian muslimah.

Berdasarkan penelusuran detikcom di berbagai lapak dagang dalam jaringan atau e-commerce banyak produk seperti itu ditawarkan. Bahkan ada pula yang dilengkapi dengan cadar sekaligus. Lantas apakah jas hujan dengan rancangan seperti ini aman untuk berkendara?

"Kalau dipakai ketika berjalan kaki tidak ada masalah. Untuk berkendara motor sebaiknya tidak digunakan karena jas hujan bukan untuk menembus hujan," ujar instruktur Rifat Drive Labs, Erreza Hardian saat dihubungi detikcom, Jumat (24/1/2020).

Terlepas dari bagaimanapun jenis jas hujan yang digunakan, Reza pada intinya ingin menyampaikan bahwa saat hujan, jas itu bukan menjadi penjamin keselamatan. Sebab jas hujan hanya akan melindungi pengendara dari basah sedangkan resiko jalan basah dan sebagainya tetap memiliki peluang menyebabkan kecelakaan.

"Banyak salah kaprah ketika berkendara motor terus pakai jas hujan maka lantas kita aman dari hujan, tapi tidak aman dari bahaya lain ketika sebuah lingkungan sedang dalam kondisi hujan.," terang Reza.

Ia mengingatkan bahwa motor adalah jenis kendaraan yang kecil dan rentan terganggu keseimbangannya. Belum lagi saat hujan kemampuan melihat juga berkurang akibat berkurangnya cahaya atau gangguan dari rintikan hujan.

"Semua pengemudi di jalan sedang dalam keterbatasan baik secara visual, pendengaran dan rasa. Dari sisi kendaraan motor adalah kendaraan bermotor terkecil dan sangat tidak stabil ketika berada di jalan," tuturnya.

Secara sekilas jas hujan muslimah ini rancangannya sedikit banyaknya sama dengan jas hujan ponco yang cenderung lebar. Bedanya jas hujan muslimah dibagi dua, ada atasan dan bawahan. Atasan berbentuk seperti sebuah kerudung sedangkan bawahannya seperti rok panjang. Bentuknya seperti ini tentu akan mengurangi jalur lewat angin sehingga dapat mengurangi keseimbang motor saat melaju.

Jas Hujan Syar'i Aman Dipakai Berkendara?


Simak Video "Tebar Teror, 3 Anggota Geng Motor di Sukabumi Diringkus!"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com