Minggu, 19 Jan 2020 07:14 WIB

8 Tips Memilih Mobil Bekas Pasca Banjir

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Mobil BMW yang terkena banjir Foto: BMW Astra
Jakarta - Kendaraan yang terkena banjir biasanya memiliki risiko kerusakan lebih besar di masa depan. Hal ini cukup membuat calon pembeli mobil bekas khawatir mendapat unit yang terdampak banjir seperti yang terjadi di kawasan Jabodetabek di awal tahun ini.

Karena itu, dalam siaran pers yang diterima Minggu (19/1/2020), Kepala Cabang BMW Astra Used Car Terry Tham memberikan 8 tips bagi yang sedang mencari mobil bekas pasca bencana banjir:

1. Periksa Rekam Perawatan Mobil

Melihat rekam perawatan mobil merupakan hal pertama yang dapat dilakukan. Ciri-ciri mobil bekas banjir dapat terlihat dari jenis komponen yang diganti, seperti karet-karet, sisa pengeringan karpet, dan komponen internal mesin pada mobil berusia muda.




2. Cium Aroma Interior

Mobil bekas terendam banjir akan memiliki aroma interior bau lumpur yang tidak sedap. "Bahkan jika dibandingkan dengan mobil yang interiornya masuk dalam kategori tidak terawat, mobil bekas terendam banjir akan lebih bau lagi," sebut Terry.

3. Periksa Baut-Baut di Bawah Kursi

Jika Anda menemukan korosi atau karat pada baut di area bawah kursi, ada indikasi mobil tersebut sudah pernah terendam banjir. Idealnya, baut-baut di dalam kabin tidak mudah berkarat, karena jarang terkena kontaminasi dari luar," ujar Budi Kurniawan, Aftersales Manager BMW Astra.

Mobil yang terkena banjirMobil yang terkena banjir Foto: Auto2000


4. Periksa Elektrikal Mobil

Mobil generasi baru sudah menggunakan sistem elektrik yang kompleks. Anda dapat melakukan pengetesan pada perangkat elektronik di dalam mobil seperti klakson, audio, wiper, lampu kabin, lampu eksterior, dan power window. Pastikan tidak ada perangkat yang mengalami gangguan, seperti mati sebelah atau audio bersuara sember.

8 Tips Memilih Mobil Bekas Pasca BanjirFoto: BMW Astra



Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Long Weekend Irit ke Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com