Rabu, 08 Jan 2020 09:06 WIB

Banjir Kurangi Umur Coating Mobil?

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Ari Saputra
Jakarta - Berbagai perawatan mobil terpaksa harus dilakukan pasca banjir Jakarta di awal tahun 2020 ini. Dari luar, bagian cat akan tampak kumuh akibat terendam banjir.

Bagi yang sudah memberikan lapisan seperti coating memang lebih berpikiran tenang karena dampaknya tidak lebih parah. Tapi apakah, air banjir tak mengurangi usia dari lapisan coating?



"Banjir tak pengaruhi umur coating. Selama lapisan itu ada, dia tidak akan merusak cat. Coating tahan sesuai warranty bahkan seharusnya lebih dari warranty," kata General Manager Sales and Marketing PT Global Auto International (GAI), Andy Hartono sebagai distributor System X Ceramic Protection dalam pembukaan training center di Cakung, Jakarta Utara, Selasa (7/1/2020).

Ia menambahkan bahwa mobil yang terlapis coating tidak akan rusak begitu saja hanya karena air. Lapisan coating baru akan rusak ketika terjadi perubahan bentuk eksterior akibat tabrakan atau kecelakaan.



"Mobil yang sudah dicoating itu aman dari banjir, jamur dan lecet, Rusak cuma kalau kecelakaan atau tabrakan saja," ungkap Andy.

Coating dapat menghindari dampak lebih buruk akibat dampak terendam banjir. Sebagai contoh mobil yang sudah dicoating biasanya lebih sulit ditempeli noda dan membersihkannya lebih mudah.

"Karena hydrophobic mobil lebih gampang dibersihkan dan kotoran lebih susah nempel pada body," tutupnya.

Simak Video "Pemprov DKI Evaluasi Tata Ruang di Ciganjur yang Sebabkan Banjir"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com