Selasa, 07 Jan 2020 19:02 WIB

Ini Besaran Biaya Coating Biar Cat Mobil Nggak Belang karena Banjir

Rizki Pratama - detikOto
Pelapisan coating ceramic. Foto: Rizki Pratama Pelapisan coating ceramic. Foto: Rizki Pratama
Jakarta - Pasca banjir, mobil yang terendam biasanya akan tidak terlihat seperti sebelumnya. Biasanya tampilan mobil seakan kumuh dan belang antara cat asli dengan bagian yang terendam banjir.

Hal ini dapat dihindari apabila mobil sudah dilapisi perlindungan cat seperti coating. Salah satu penyedia produk dan jasa lapisan coating, System X Ceramic Protection menawarkan beberapa pilihan sesuai kebutuhan.



Ada tiga kategori produk yang ditawarkan System X Ceramic Protection, di antaranya Pro Supreme, Pro Premium dan Diamond SS. Ketiga pilihan ini berurutan dari yang paling murah sampai paling mahal.

Untuk lapisan Pro Supreme berkisar antara Rp 4,5-7,5 juta tergantung ukuran mobil. Untuk coating ini mendapatkan satu layer, body coating dengan garansi 1-2 tahun.

Pro premium memiliki tarif Rp 8-12 juta yang meliputi 2 layer, body coating, glass coating, interior coating, velg coating, panoramic glass coating, sunroof coating, dan engine cleaning bergaransi 2-4 tahun.

Sementara itu untuk Diamond SS Rp 15,5-22 juta mendapatkan 3 layer body coating, glass coating, interior coating, velg coating, panoramic glass coating, sunroof coating, dan engine cleaning garansi 4-6 tahun.

Pengerjaan coating ini memakan waktu selama 3-4 hari. Prosesnya meliputi pencucian, paint correction hingga akhirnya dicoating.

"Untuk prosesnya semua pasti dicuci dulu di sini, setelah itu kita lakukan paint correction baru coating," kata General Manager Sales and Marketing PT Global Auto International (GAI), Andy Hartono sebagai distributor System X Ceramic Protection dalam pembukaan training center di Cakung, Jakarta Utara, Selasa (7/1/2020).

Andy mengatakan mobil yang sudah di-coating terkena banjir hanya perlu dicuci dan cat tidak belang atau menyebabkan jamuran. "Mobil yang sudah dicoating itu aman dari banjir, jamur dan lecet, Rusak cuma kalau kecelakaan atau tabrakan saja," klaim Andy.

[Gambas:Video 20detik]



(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com