Rabu, 01 Jan 2020 10:34 WIB

Penanganan Jika Mobil Terendam Banjir

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Titik banjir di Bekasi (ist,)
Jakarta - Hujan masih terus mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya. Akibatnya, banjir melanda beberapa wilayah di Jakarta dan sekitarnya.

Banjir ini membuat pemilik kendaraan khawatir. Soalnya, banjir bisa menyebabkan kendaraan mengalami kerusakan. Agar tak berdampak besar, ada beberapa tips untuk pemilik kendaraan yang mobilnya terendam banjir. Dikutip dari laman resmi Auto2000, yang paling penting jangan langsung menyalakan mobil yang terendam banjir. Sebab, jika dipaksa menyala maka kemungkinan besar akan terjadi korslet pada bagian kelistrikan.



Pemilik kendaraan juga disarankan untuk melepaskan kabel aki untuk mencegah terjadinya korsleting. Ketika banjir telah surut dan kemudian ingin memindahkan mobil, maka pindahkanlah dengan cara mendorongnya dan jangan sesekali menyalakan mesin mobil terlebih dahulu.

Selain itu, salah satu kasus yang sering terjadi adalah rem tangan macet. Gejalanya, ketika rem tangan dibebaskan ternyata roda masih terjepit. Mobil pun sulit bergerak. Jika kendaraan dipaksa untuk maju maupun mundur, roda terasa sangat berat.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Cerita Warga Soal Ngerinya Longsor di Bogor yang Tewaskan 1 Orang"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com