Selasa, 24 Des 2019 07:30 WIB

Bolehkah Air Wiper Dicampur Sabun Cuci Piring?

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Air pada wiper berfungsi menyingkirkan debu atau kotoran yang menempel di kaca depan mobil. Air yang diisi ke tabung wiper biasanya hanya air keran yang bening. Tapi tidak jarang juga pemilik mobil menggunakan sabun cuci piring untuk campuran saat mengisi ulang tabung air wiper.

Memangnya boleh mengisi tabung air wiper dengan campuran sabun cuci piring?



Seperti detikcom kutip dari laman suzuki.co.id, sabun cuci piring boleh saja digunakan sebagai campuran air wiper. Air campuran sabun cuci piring dianggap lebih aman ketimbang sampo, yang berisiko merusak permukaan kaca mobil.

Sampo atau sabun cuci piring memang bisa digunakan sebagai campuran air wiper karena memiliki efek degreasing yang mampu menyapu minyak. Hal tersebut dinilai baik untuk kaca depan mobil yang sehari-harinya mungkin terpapar zat berminyak yang ditemukan saat berkendara.



Jadi boleh-boleh saja memberi campuran sabun cuci piring ke tabung air wiper. Tapi cukup beberapa tetes saja. Sebab jika terlalu banyak sampai tabung reservoir berbusa, justru bisa menghambat saluran washer.

Oh iya, selain menggunakan sabun cuci piring, opsi lainnya bisa menggunakan cairan pembersih kaca untuk campuran air wiper.

Simak Video "Mobil Listrik Termurah! Fiturnya Sangat Memuaskan "
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com