Senin, 23 Des 2019 13:05 WIB

Bawa Ibu Hamil, Amankah Melintas Tol Layang Japek yang Bumpy?

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Tol layang Jakarta-Cikampek (Japek) banyak dikeluhkan pengendara karena permukaan aspalnya yang kurang rata dan banyaknya sambungan expansion joint yang belum rapi. Akibatnya, mobil jadi terasa berguncang saat melewati tol layang sepanjang 36,4 km ini. Hal itu juga tak jarang membuat pengendara dan penumpang mual.

Lalu bagaimana seandainya melintas tol layang Japek dengan membawa penumpang perempuan dalam kondisi hamil? Amankah?



Dijelaskan instruktur dan founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, sebenarnya aman-aman saja bagi ibu hamil melintas jalan dengan kontur yang kurang rata yang banyak menimbulkan guncangan.

"(Memang) ibu hamil 9 bulan dan ibu yang baru hamil, itu rentan kalau kena guncangan ya. Tapi lihat-lihat mobilnya juga," kata Jusri, kepada detikcom, belum lama ini.



Menurut Jusri, jika yang digunakan adalah mobil-mobil jenis minibus, guncangan dalam kabin memang akan sangat terasa.

"Contoh kemarin kawan saya jalan dengan mobil yang sedikit premium class, guncangannya dengan kecepatan 80 km/jam itu nggak kerasa. Kalau mobil-mobil minibus, 'mobil rakyat' memang terasa sekali guncangannya," kata Jusri.



Selain memilih mobil yang lebih nyaman, berkendara secara tertib sesuai aturan juga wajib dilakukan saat membawa penumpang perempuan dalam kondisi hamil ya detikers.

Sebelum melintas tol layang Japek, pastikan juga mobil yang ingin dipakai sudah disiapkan dengan baik. Bawa kebutuhan logistik yang cukup dan obat-obatan yang dibutuhkan. Serta patuhi batas kecepatan berkendara 60-80 km/jam.

Simak Video "Libur Natal Tiba, Tol Layang Japek Padat Banget"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com