Jumat, 22 Nov 2019 09:47 WIB

Cara Mengendarai Mobil Manual yang Ternyata Mudah

Sudiarto Putra - detikOto
Cara mengendarai mobil manual. Foto: Drivespark Cara mengendarai mobil manual. Foto: Drivespark
Jakarta - Masyarakat di perkotaan mungkin lebih menyukai mobil matic. Akan tetapi kamu juga perlu menguasai cara mengendarai mobil manual. Ternyata mudah lho!

Berbeda dengan mobil matic, cara mengemudi mobil manual di tanjakan atau di belokan sangat membutuhkan keahlian khusus. Sebelum mengendarai kendaraan, kita wajib mengetahui fitur-fitur dan kegunaan yang terdapat pada mobil terlebih dahulu. Tujuannya agar mempermudah bagi si pengemudi saat mengendarainya.


Sehebat apa pun kamu pada saat menyetir mobil jangan pernah mengendarai mobil dengan cara ugal-ugalan. Selain membahayakan bagi diri sendiri hal seperti ini juga dapat membahayakan keselamatan orang lain.

Berikut cara mengendarai mobil manual yang harus kalian perhatikan.

1. Kenali Pedal yang Ada Pada Mobil

Mengenali cara dan fungsi masing-masing pedal sangat penting bagi pengemudi yang ingin menggunakan mobil dan menjadi salah satu cara belajar mobil manual sendiri. Jangan sampai pengemudi tidak paham dan tidak mengenali fungsi pedal yang terdapat pada mobil.

Hal itu akan menjadi masalah untuk pengemudi dan orang lain. Untuk itu pengemudi harus mengetahui masing-masing fungsi pedal. Pedal yang berada di kaki kiri atau sebelah kiri merupakan pedal untuk kopling, pedal yang berada di tengah berfungsi untuk rem, dan pedal yang berada di sebelah kanan berfungsi untuk pedal gas.

2. Mengoperasikan Pedal dengan Benar

Saat mengoperasikan pedal harus dilakukan dengan cara konsentrasi penuh, terutama pada saat menginjak pedal rem dan gas atau mengoper gigi secara manual. Jarak ayunan saat ingin menginjak pedal harus diperhatikan. Pada saat mengendarai mobil manual diwajibkan melepaskan pedal kopling secara perlahan dan teratur.

3. Tuas Transmisi pada Posisi Netral (N)

Sebelum menyalakan mobil pastikan tuas dalam keadaan Netral (N). Tuas transmisi berfungsi untuk mengoper gigi, saat ingin menambah gigi usahakan pedal terinjak penuh. Jika ingin melakukan perpindahan transmisi harus dilakukan dengan hati-hati.

4. Menginjak Kopling dengan Penuh

Salah satu hal yang harus diingat adalah memperhatikan jarak ayunan antara pedal gas, rem dan kopling. Pada saat melepas kopling dengan hati-hati dan secara teratur sampai mendengar suara mobil mesin sudah mulai turun. Lakukan menginjak pedal kopling berkali-kali agar bisa paham mengenali suara mesin.

5. Memindahkan Tuas Transmisi

Jika ingin kendaraan kita berjalan, jalan lupa untuk memindahkan tuas transmisi. Saat mesin telah menyala maka pindahkan tuas transmisi dari posisi Netral (N) ke posisi gigi 1. Posisi gigi satu pada tuas transmisi biasanya ada di kiri atas.

Kini saatnya cara untuk menjalankan mobil dengan cara menginjak kopling secara penuh, pindahkan perseneling ke gigi 1, kaki kanan berada di pedal gas, angkat kopling secara perlahan sampai mobil bergerak perlahan, setelah itu dapat mengangkat kopling dengan penuh hingga mobil berjalan.

6. Menyalakan Mesin Mobil

Proses penyalaan mesin mobil merupakan bagian yang sangat penting, pastikan mobil dalam keadaan netral. Jika sudah silakan mulai memutar kunci kontak untuk mulai melakukan starter. Ketika mesin sudah menyala pastikan kaki kalian mengetahui berada di pedal masing-masing fungsinya.

7. Siaga Rem Ketika Gas Sudah Stabil

Untuk menjaga kestabilan mobil, jika merasakan mobil terlalu cepat maka sebaiknya melakukan pengereman. Secara otomatis kaki kanan harus bergeser meninggalkan pedal gas dan menginjak rem. Kaki kiri juga perlu menginjak kopling agar mobil tidak terus melaju.





Simak Video "Jelang DWP, Yaris Gelar Event Anak Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com