Rabu, 25 Sep 2019 10:38 WIB

Mau Beli Mobil Klasik? Perhatikan Tips Ini

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Ridwan Arifin Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - Mobil klasik yang cantik nan langka merupakan idaman banyak pencinta otomotif. Mobil antik itu sempat dipamerkan di acara Concour d'Elegance yang merupakan ajang bergengsi pameran mobil klasik di dunia dan baru pertama kali digelar di Indonesia, beberapa waktu lalu.

Pameran tersebut digagas oleh Presiden Indonesia Classic Cars Owners Club (ICCOC), Stanly Atmadja.

Tertarik memiliki mobil klasik? Stanly mengungkapkan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memboyong mobil klasik. Pria yang memiliki sekitar 15 mobil klasik dari merek Amerika dan Eropa di garasi rumahnya ini tidak sungkan berbagi sedikit informasi.



"Pertama harus cari tipe mobil yang cocok buat direstorasi karena tidak semua tipe mobil itu direstorasi menjadi collectible item," kata Stanly kepada detikcom.

Hal ini berkaitan populasi kendaraan. Ia juga tidak menampik jika memiliki mobil klasik bisa menjadi investasi. "Ada benarnya, selama tipe yang disimpan tipe yang betul," kata Stanly.

Stanly juga menceritakan memiliki mobil klasik bukanlah soal harga, namun usaha sedari mendapatkannya serta nilai sejarah yang dimiliki mobil tersebut. Sebab menurutnya, cinta terhadap mobil klasik bukan basa-basi.



"Kedua, harus mengerti mobil. Apa saja yang dibutuhkan untuk restorasi," kata Stanly.

Kemudian, pemilik mobil bisa mengetahui celah untuk mendapatkan sparepart. Hal ini bisa dilakukan, misalnya dengan bergabung ke komunitas.

"Make sure sparepart harus dapat kalau tidak terbengkalai atau (pilih) tambal sulam," kata Stanly.

Namun Stanly sendiri saking cintanya terhadap mobil klasik, ia sendiri enggan untuk melakukan kanibalisai part mobil. "Sampai ke ujung dunia pun akan saya cari," katanya.

Simak Video "HUT Ke-74 RI, Mobil Klasik Era Suharto-Habibie Mejeng di Istana"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com