Selasa, 24 Sep 2019 15:35 WIB

Andai Pengendara Mobil Terjebak Kerumunan Demo, Lakukan Ini!

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Rico Bagus Foto: Rico Bagus
Jakarta - Demonstrasi mahasiswa kembali terjadi di depan Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta. Imbas aksi demonstrasi mahasiswa di Gedung DPR, bahkan sampai mengganggu akses kendaraan di tol depan Gedung DPR akibat meluapnya lautan massa.

Lalu apa yang harus dilakukan para pengemudi mobil andai terjebak di kerumunan massa aksi? Dijelaskan Instruktur safety riding Rifat Drive Labs Andry Berlianto, sebaiknya para pengendara tetap up to date terhadap situasi lalu lintas.



"Stay up to date soal kondisi lalu lintas terkini dan jika sudah ada pantauan kekacauan di area tol bisa langsung mengambil nearest exit," kata Andry kepada detikcom, Selasa (24/9/2019).

Lanjut Andry, jika pengemudi mobil sudah terjebak di lautan massa, kuncinya jangan panik dan tidak langsung membunyikan klakson berlebihan agar tidak menyulut emosi massa.



"Keluar jika perlu, untuk menunjukkan sikap empati," terang Andry.

Tapi untuk alasan keamanan, pengemudi mobil disarankan tetap memperhatikan barang bawaan dan anggota keluarga jika ada di dalam kendaraan.



"Jangan lupa update kondisi terkini ke kerabat atau kawan via wa/telepon/medsos agar mudah diketahui keberadaannya," kata Andry.

"Bawa barang berharga seperlunya jika harus segera evakuasi atau meninggalkan lokasi apabila terjadi kerusuhan," pungkasnya.

Simak Video "Kembali Berunjuk Rasa, Mahasiswa Tagih Janji Jokowi Keluarkan Perppu"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com