Rabu, 18 Sep 2019 10:44 WIB

Pentingnya Merotasi Ban Mobil

Luthfi Anshori - detikOto
Ban Hankook Foto: Okta Marfianto Ban Hankook Foto: Okta Marfianto
Jakarta - Merotasi ban mobil jadi hal yang wajib dilakukan pemilik mobil. Tujuannya, supaya keempat ban tersebut memiliki tingkat keausan yang sama, sehingga bisa diganti secara bersamaan ketika mencapai waktunya.

"Secara teori rotasi ban itu diperlukan, karena keempat ban tersebut nggak selalu melewati kondisi jalanan yang sama. Ada yang sering ke bagian permukaan bagus dan ada yang selalu ke bagian permukaan jelek," Leader Quality Assurance Hankook Tire Indonesia Robby Unggul, di Cikarang.



Maka itu, menurut Robby, rotasi ban mobil perlu dilakukan supaya keempat ban itu tetap balance atau imbang.

"Misalnya ban depan kiri ditukar dengan ban kanan belakang dan ban depan kanan ditukar dengan ban belakang kiri, bisa kayak gitu," ujar Robby.

Mengutip dari laman Auto2000, rotasi ban bisa dilakukan setiap interval 10.000 km. Selain dengan cara menyilang, rotasi ban juga bisa dilakukan dengan cara memindah ban depan ke belakang dan sebaliknya. Cara ini disarankan untuk ban jenis tubeless.

Namun bicara soal rotasi ban, ternyata tidak selalu bisa dilakukan. Misal jika ban depan sudah tipis, maka tidak disarankan untuk rotasi. Harus dicari ban yang ketebalannya masih bagus, sebab ban depan memegang peranan penting untuk mengendalikan mobil.


Simak Video "Pecah Ban, Mobil Rombongan Petakziyah di Pasuruan Keluar Jalur"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com